Langsung ke konten utama

Refreshing. Pilih mana?

Assalamualaikum Wr.Wb

Ketika seseorang lagi dihadapkan dengan banyaknya tugas (kampus) ataupun tugas (kantoran) keinginan buat yang namanya refreshing sangat-sangat besar tertanam dalam hati dan pikiran.. Entah itu refreshing bersama keluarga maupun teman-teman, yang jelas tujuannya adalah refreshing. Melupakan semua kerjaan yang ada meskipun hanya sehari, itu sudah menolong diri sendiri dari yang namanya stres.  Banyak cara dan tempat yang bisa didatangi ketika kita ingin refreshing. Mau di alam terbuka maupun tertutup kita bebas memilih sesuka hati, yang penting saran saya jangan sampai deh ke tempat-tempat yang berbau negatif (misalnya klub malam) *Bisa-bisa anda bakalan ngalamin kejadian seperti peristiwa Diego Michael, kekasih Nikita Mirzani Willy (berita infotainment, haha).

Kembali ke pembicaraan sebelumnya mengenai tempat-tempat refreshing. Ada 2 alternatif pilihan yang ditawarkan, yaitu yang pertama di alam terbuka. Untuk di alam terbuka kita bisa refreshing dengan pergi ke pantai, watter park, pemandian air panas, pemancingan, atau ke tempat anda bisa menyalurkan hobby anda . Berikut merupakan tempat-tempat untuk refreshing di alam terbuka yang berada di kota saya (Palu) :

1. Pantai Kampung Nelayan


Pic from here
Pantai Kampung Nelayan merupakan tempat yang bisa dijadikan pelepas penat Anda di sela-sela kesibukan hari kerja/hari ngampus. Letaknya berada di tengah kota Palu. Dari rumah saya hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam untuk sampai ke tempat ini. Tiap sabtu ataupun minggu pasti banyak pengunjung yang datang. Karena ini merupakan tempat refreshing termurah atau bisa dibilang gratis. Karena, tak ada yang namanya membayar tiket masuk atau karcis untuk menikmati pemandangan ataupun berenang di pantai ini, GRATIS. Anda hanya mengeluarkan uang untuk membayar parkiran kendaraan. Di Pantai Kampung Nelayan banyak penjual makanan yang akan Anda temui. Mulai dari jajanan sampai makanan yang mengenyangkan. Tinggal pilih mau makan makanan jenis apa.

2. Pemancingan Dolo Mas





Dua gambar di atas merupakan tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk refreshing di daerah saya, yaitu Pemancingan Dolo Mas yang terletak di Desa Kotapulu, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Di tempat tersebut kita dapat memancing berbagai jenis ikan tawar seperti ikan mas, lele, dll. Jenis ikan dipisahkan di kolam berbeda. Untuk masuk di tempat tersebut anda tidak akan dikenakan bayaran. Anda hanya akan dikenakan bayaran ketika menyewa alat pancing di tempat tersebut. Ada 2 jenis alat pancing, yaitu alat pancing tradisional (terbuat dari kayu)  dan alat pancing modern. Harga sewa ke dua alat pancing tersebut 10 ribu untuk pancing tradisional dan 15 ribu utk pancing modern. Sekali sewa anda bisa menggunakannya selama yang anda inginkan (asal ga di bawa pulang, hehe). Saat anda menyewa pancingan, mereka (orang yang menyewakan) akan memberikan anda pelet mbah dukun untuk umpan ikan-ikan tersebut. Sambil menunggu pelet anda di makan orang ikan, anda bisa berbaring di pondok-pondok yang telah disediakan. Kalau sampai tertidur ga papa juga sih (asal bangunnya bukan besok pagi). Anda juga bisa pesan makanan di pemancingan tersebut, ada ikan bakar, ikan goreng + lauk pauknya. Ikannya pastinya berasal dari kolam-kolam tersebut. Hasil pancingan anda juga bisa dijadikan salah satu dari menu makanan yang anda ingin pesan. Harganya lumayan terjangkaulah (apalagi kalau perginya sama orang tua).

3. Pantai Tanjung Karang


pic from here

pic from here
Pantai Tanjung Karang terletak di kabupaten Donggala, Palu (Sulawesi Tengah). Jarak tempuh dari Kota Palu ke Pantai Tanjung Karang sekitar 30 km.  Anda bisa mengendarai motor maupun mobil untuk sampai ke sana (pesawat juga boleh). Kalau saya sih lebih suka naik motor ketika ke pantai tanjung karang, rasanya lebih enak buat menikmati pemandangan sepanjang jalan. Pantai Tanjung Karang memiliki pasir lembut berwarna putih, pemandangan yang bagus dan warna air laut yang biru dan jernih. Merupakan tempat yang tepat buat menghilangkan stres, memperoleh inspirasi dan jodoh. Anda bisa berenang, diving, dan berjemur (ala bule) *bagi yang warna kulitnya dasarnya sudah gelap disarankan untuk tidak berjemur. Karena matahari di sini bisa membuat anda terlihat semakin gelap gulita .
Di Pantai Tanjung Karang juga disediakan cottage bagi pengunjung untuk beristirahat. Jika Anda ingin bermalam juga bisa. Harga untuk penyewaan cottage sekitar 150-200 ribuan. Disarankan untuk membawa perbekalan dari rumah, karena harga makanan di sini lumayan mahal.

4.Taipa Beach


Pic from Here
Taipa Beach merupakan pilihan alternatif berikutnya untuk merefreshkan pikiran, tubuh dan hati Anda. Dari kota Palu hanya membutuhkan waktu 30 menit atau kurang dari itu untuk sampai ke tempat wisata ini (tergantung dari laju kendaraan anda). Tiket masuk ke Taipa Beach sebesar Rp 5.000. Panjang pantainya sekitar 500 meter. Anda dapat ber-snorekling untuk menikmati keindahan alam bawah laut atau juga bisa memilih diving. Selain adanya pantai, di Taipa Beach juga memiliki fasilitas kolam renang. Jadi bagi Anda yang tidak terlalu senang diving maupun snorekling anda bisa berenang di kolam saja *atau mungkin anda yang takut kulitnya menjadi gelap gulita. Di Taipa beach ini juga terdapat hiburan (elekton), jadi bagi Anda yang ingin bernyanyi boleh-boleh saja. Cukup menyerahkan uang seikhlasnya dalam kotak yang telah di sediakan. Di tempat ini juga terdapat banyak penjual makanan yang bisa Anda temukan kalau saja Anda tidak mempersiapkan perbekalan karena harganya relatif terjangkau.

5. Mantikole
Pic from here

Pic from Here

Mantikole merupakan tempat wisata yang terletak di kabupaten Sigi. Tempat wisata ini terdiri dari pemandian air panas, hutan liar dan sungai beserta air terjun. Untuk masuk ke Pemandian air panas hanya Rp 2000-an saja. Sayangnya tempat wisata ini sudah tidak terlalu terawat, banyak kolam yang sudah tidak digunakan lagi. Padahal kalau saja pemandian air panas ini dikelola dengan baik dan terawat pasti akan semakin banyak pengunjung yang datang. 

6. Millenium Water Park

Pic from Here

Pic from here
Merupakan pilihan alternatif selanjutnya untuk 'membebaskan' diri Anda dari segala kepenatan yang dirasakan. Terletak di tengah Kota Palu, jalan Emy Saelan No 17. Untuk menikmati segala fasilitas yang ada di Milenium Watter Park, pengunjung cukup membayar 10 ribu pada hari biasa dan 20 ribu saat hari weekend. Di dalam area Watter Park juga terdapat warung makan yang bisa Anda datangi ketika Anda merasa kenyang  lapar. Selain terdapat adanya watter park, di Millenium juga memiliki fasilitas untuk fitnes,  aerobic dan gym yang tempatnya bersebelahan dengan watter parknya.

7. Graha Tirta


Pic from here

Pic from Here

Graha Tirta Water Zone merupakan pemandian yang hampir sejenis dengan Millenium water park. Berlokasi di jalan Karanjalemba No. 55 Palu. Harga tiket masuk ke pemandian ini sebesar Rp 17.500, dengan berbagai jenis dan ukuran kolam. Mulai dari kolam untuk balita, remaja, hingga dewasa. Anda bisa menikmati duduk di pondok-pondok yang bisa digunakan untuk berteduh tanpa perlu biaya tambahan lagi.

Itulah tadi tempat-tempat buat refreshing yang berada di tempat terbuka yang sudah saya sebutkan. Sebenarnya masih ada beberapa tempat yang lain, cuma saya takut postingan saya bakalan semakin panjangggg.. :D

Kalau tadi saya sudah menyebutkan tempat-tempat refreshing yang berada di alam terbuka. Selanjutnya saya akan menyebutkan tempat-tempat refreshing yang berada di tempat tertutup, yaitu :

1. Mall
Di kota saya hanya ada 1 mall, yaitu Mall Tatura Palu. Pasti teman-teman heran atau mungkin ga percaya, tapi kenyataannya memang hanya satu. Kalau supermarket atau toko-toko kecil lumayan banyak. Mall bisa jadi alternatif buat refreshing bagi anda yang anda yang senang berbelanja, ataupun hanya ingin liat-liat, dan anda yang mungkin tidak senang berada di alam terbuka (takut sama matahari). Kebanyakan yang pergi ke tempat ini adalah abg tua atau para remaja yang mungkin sekedar hang out bersama teman-teman atau nyari mangsa gebetan. Sejujurnya mall merupakan tempat yang jarang saya datangi ( jangan bilang siapa-siapa ya :D ). Kecuali benar-benar pengen beli sesuatu dan 'sesuatu' yang ingin saya beli tidak dijual di tempat lain, untuk tujuan ke mall yang hanya sekedar jalan-jalan dan ngeliat-liat doank (itu bukan bagian dari sifat saya ), karena menurut saya itu bukan merupakan bagian dari refreshing (itu pendapat saya yang pasti akan berbeda dengan pendapat orang lain).

Pic from here

2. Tempat Karoke
Untuk tempat refreshing yang satu ini, saya sangat-sangat menyukainya (hihi). Tempat karoke yang saya maksud di sini merupakan tempat karoke yang 'positif', bukan sebaliknya. Alasan saya senang sama tempat refreshing yang satu ini, karena di karokean, saya bebas mengeluarkan penat saya dengan "berteriak-teriak" dan menggali bakat yang jauh terkubur. Kata "teriak-teriak" di sini bukan seperti teriak-teriak biasa, yang hanya mengeluarkan suara 'aaaaaaaaaaa' (haha), tapi merupakan teriak-teriak yang bernada (maksudnya?). teriak-teriak yang saya maksud di sini dengan menyanyikan lagu-lagu yang bernada agak tinggi maupun tinggi selama suara saya masih mampu untuk menjangkaunya (hehe). Selama bernyanyi ada kesenangan (luar biasa) yang saya rasakan dan saya jadi 'amnesia' dengan segala tugas-tugas kampus saya (haha). Saya senang pergi ke karokean bersama teman-teman saya, apalagi ada teman-teman saya yang berbaik hati mentraktir kami untuk karokean (saya bakalan senang luar-luar biasa, haha) Karena budget yang dikeluarin lumayan besar di banding refreshing ke alam terbuka, apalagi untuk pengangguran mahasiswa seperti saya. Sejamnya saja untuk ruangan yang berkapasitas medium sekitar 35rbuan, itu belum dengan pajak dan biaya servisnya, belum lagi kalau pesan makan sama minuman -_-' *sangat berasa di kantong mahasiswa (senyum-senyum lebar). Terdapat 4 tempat karokean di kota saya yang biasa dikunjungi masyarakat, yaitu : Inul vista, idol, d'class dan nav..

Pic from here 

Pic from here

Itulah tempat-tempat tertutup yang bisa anda datangi untuk refreshing. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat lain yang bisa dijadikan 'pelampiasan' untuk menghilangkan kepenatan, seperti ke kafe-kafe atau ke warung kopi (bagi bapak-bapak).. Tapi saya tak bisa menuliskannya lagi *tangan sudah mulai pegal.

Jadi, tempat jenis apa yang anda pilih (untuk refreshing) ? ^^.. Tempat jenis  apapun itu yang penting bisa membuat Anda nyaman dan berhasil merefreshkan diri anda.
Terimakasih untuk sahabat blogger yang telah bersedia membaca postingan saya yang lagi-lagi 'kepanjangan' seperti ini ^^. Maaf kalau ada kekeliruan ataupun kaa-kata yang tak mengenak-kan.
Wassalamualaikum WrWb

Komentar

  1. Tentu saja saya pilih pantai. Bunyi ombak dan buik yang meretas bisa jadi senandung yang menenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantai memang selalu 'menenangkan' dan membuat nyaman ...

      Hapus
  2. wah banyak pilihan yaa Nina ..
    dan juga indah-indah pemandangannya. bisa jadi tempat bulan madu tuh .. #eh..
    hehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tinggal pilih mau kemana :D
      Sepertinya sudah ada yang 'pengen' nikah :D haha .. *liatin Indra

      Berguru ama Mas Zach In (hihi)

      Hapus
  3. Paling enak dan nyaman tuh pantai and gunung, pemandangannya menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada pantai, ada pula gunung. garam dan asam pun lengkap di situ. lengkapnya kota palu.

      Hapus
    2. @halaman putih : Saya belum pernah naik gunung (jalan kaki), tapi kalau naik kendaraan ke ketinggian pernah.. Berada di ketinggian juga hal yang menyenangkan, karena bisa ngeliat banyak tempat yang berada di bawahnya.. ^^

      @Mas Zach : Iya mas complete di sini.. Ada laut ada gunung di mana-mana.. :D

      Hapus
  4. enaak yang Water Park :D
    tapi mancing juga okee.. enakan mancing deng.. XD

    BalasHapus
  5. Mbak Nina, apakah urutan di atas itu sesuai skala prioritas dari sisi Mbak Nina? Saya jadikan wawasan nih kalo suatu saat ke Palu. saya koq sementara ini paling tertarik ke nomor 5 (Mantikole), murah pula ya... asyik deh kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga sih Mas Zach,, ini milihnya secara random.. Tapi keseluruhan semuanya enak buat dikunjungi dan punya 'rasa' tersendiri.. :D

      Ayo dong Mas Zach main-main ke sini :D. Ajak arien, agree sama istri tercinta ^^

      Hapus
  6. mbak, itu kapal jurusan palu kemana kah..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau soal itu saya kurang tau mas. Hehehe
      Soalnya gambarnya cuma dapat di om google, dan saya udah jarang ke pantai kampung nelayan..

      Hapus
    2. entah kenapa saya hobi dengan perjalanan2 darat laut.. :D

      *jadinya saya lebih tertarik pada gambar di atas.. :D

      Hapus
  7. Nina ... Kenapa jarang BW.. ????

    Ada bingkisan unik untukmu ...
    Lihat di Posting : Inilah Mereka ... yaa


    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari-hari kemarin memang masih sibuk sama tugas In :D..
      Selain itu juga ga bisa full seharian internetan, soalnya cuma nebeng online di laptop saudara (belum punya laptop sendiri).. Doain aja supaya saya cepat-cepat punya laptop sendiri In :D hehe

      Iya, tadi sudah saya liat. Makasih In buat bingkisannya ^^.. Kerenn!!

      Hapus
  8. sayang, tempatnya jauh di Palu :'(

    mending sih ke mall aja biar g tambah item, sekalian ngadem :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,, terserah pengen ke mana. Yang penting bisa ngerefresh diri sama pikiran (juga hati)... :D

      Hapus
    2. ehhh ada yg kurang, merefresh isi kantong juga heuheuheu

      Hapus
    3. Itu dia sebenarnya yang paling penting.. Hihihi :D

      Hapus
  9. enak enak gitu loh, ko bingung. ehm... banyak pilihan binung, ga ada pilihan juga binung. mending datengin aja semuanya biar ga bingung. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha :D.. Datangin semuanya? boleh juga :D.. Minggu ini ke tanjung karang, minggu depan ke mantikole, dan minggu-minggu depan berikutnya ke tempat yang lainnya :D haha

      Hapus
  10. gw pilih laut aja.. apalagi laut yg airnya hijau :D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe saya tetap senang ama laut yang biru :D..

      Hapus
  11. kalo menurut gua mall sama karaoke bukan tempat wisata, hahahahha, anak surabaya maklum, waduh............... teman saya banyak lo nin anak uni tadulako, mereka tergabung dalam komunitas seni PErkusi, ada yg kenal gak kamu.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat refreshing Mas Rinem.. Hihihi

      Ohh punya banyak teman di univ Tadulako..
      saya ga kenal sama orang-orang yang tergabung dalam Seni Perkusi, soalnya bukan anak seni (dan ga gaul juga) hehe.. ^^

      Hapus
    2. waduh anak kuper ya hehehe

      Hapus
  12. gen juga sih refreshing ketempat itu, udah lumayan lama ditonjokin sama tugas, tapi pas libur panjang aja ah. biar ga ada beban dan bisa lama :D

    izin follow ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ga bonyok tuh mas ditonjokin tugas :D

      Moga" tugasnya cepat kelar semuanya. Aminn ^^

      Silahkan,, makasih untuk follownya :)

      Hapus
  13. kalo gue dimana aja demen, asal sama keluarga ato pacar :D

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Iya jue,, pantai bisa menghilangkan penat ^^

      Hapus
  15. Asli... Abis liat gambarnya jadi kepengen liburan huhu tp kalo udh liburan pasti cuma di rumah aj-_-

    Disana mallnya satu yak? Dikota gur malah nggak ada mall huahahahah T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi saya juga liburan ini cuma di rumah saja :D

      Iya hanya satu, tapi saya juga jarang ke sana.. :D hehe

      Hapus
  16. kalo sama pacar biar ke mana pun refreshingnya pasti enak heheheh

    BalasHapus
  17. gue suka semuanya kecuali mall, sama tempat karaoke :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal karokean bagus tuh bang, bisa teriak-teriak bernada.. Hehe :D

      Tapi ya namanya selera orang pasti beda ^^

      Hapus
  18. Kalau gue dimana aja boleh, asalkan bareng orang yg bikin gue senang :))

    BalasHapus
  19. bener nih kepengen bgt deh liburan, lepas bebas dari kepenatan aktivitas :|
    kalo gua sih lebih seneng ke pantai, soalnya gua suka air suka air :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang namanya liburan itu memang sangat ditunggu-tunggu... Hehehe

      Hapus
  20. tempatnya nyenengin smuaaa.... emaaak aku pengen kesana !! -,-
    tapi jauh,, andaikan gue punya karpet nya aladin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga puny karpet aladin pake sapu terbang aja ra :D *pasti di rumah punya kan.. Hehe

      Hapus
  21. ada oleh-oleh nih =>> http://empatbelass.blogspot.com/2012/11/liebster-lagi.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya hen buat oleh-olehnya.. Insya Allah segera saya kerjakan ^^

      Hapus
  22. kalo pantai gue udah bosen dibali udah banyak pantai soalnya wkwk
    gue lebih suka ke tempat seperti Mantikole itu
    naturalnya dapet ,,,atau ke tempat2 air terjun gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bosan ngeliat pantainya atau bosan liat bulenya bang? Hahaha :D

      Bagus sih bagus bang.. Cuma sayangnya udah ga terawat lagi tuh tempat... -_-'

      Hapus
  23. It dsulawesi smua? Jauh amat ya, kalau sya suka alam trbuka, pkiran bsa lbh tenang ktimbng druangan trtutp. Ngliat air, awan, daun, it dia yg buat pkiran fresh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya Va semuanya ada di Palu..
      Ga jauh ko Va kalo naik pesawat, kalo kamunya jalan kaki baru jauh, kebangetan jauhnya malah.. Hahaha

      Iya alam terbuka memang bikin tenang sampai kadang ketiduran *ehh :D

      Hapus
  24. gak ada toko buku ya untuk tempat refresing, kalau ada aku pilih itu kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangya toko buku di sini kurang banget -_-'.. Padahal saya pengen juga kalau ada toko-toko buku atau semacam emperan yang ngejual buku-buku bekas maupun baru ...

      Hapus
  25. kalau aku sih mending KAROKE ajaaa!!!
    hahaa...itu yg boongnya...yg benarnya aku milih pantai sih..tapi sangat disayangkan jauh amat .

    salam kenal,, btw blognya kok susah di follow ya? apa inet ku yg lambat -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe mau bo'ong atau beneran terserah kamu, yang penting bisa refreshing .. ^^

      Emang susah ya? Jangan" jaringannya yang lagi lemot.. :D

      Hapus
  26. Waalaikumsalam
    Wah pantai tanjung karang :) sudah lama sekali

    BalasHapus
  27. Minta followbacknya ya sob
    salam kenal

    BalasHapus
  28. Yap, palu sampai saat ini hanya memiliki 1 mall! *miris*
    tetapi tetap harus bangga dong. nice blog nina :)

    BalasHapus
  29. Tak ku duga ternyata Palu ramai juga, dan banyak tempat wisatanya

    BalasHapus
  30. Klo tempat buat gym di Palu, bagusan dimana mba?
    Update dong?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada 'Kenangan' itu di Masa SMA Kita..

22 agustus, 2 bulan yang lalu adalah hari di mana aku bertemu denganmu lagi. Ya 'kau', kau yang pernah menjadi bagian termanis di masa SMA ku. Tak ada yang berubah dari dirimu, tingkahmu, suaramu, gaya bicaramu, dan senyummu masih sama seperti yang dulu.  Kembali mengingat 3 tahun yang lalu, bukan tapi 4 tahun yang lalu. Aku sudah menyukaimu sejak pertama melihatmu, mungkin itu yang dinamakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Melihatmu duduk di dalam sebuah ruang kelas, kelasmu yang juga menjadi kelasku. Kita sekelas, di kelas 11 Ipa itu. Ada yang menarik dari dirimu, senyummu (itu hal pertama yang membuatku tertarik padamu). Setelah itu Aku lebih tertarik pada kepribadianmu. Ku suka dengan kepribadianmu, kau yang tak merokok, yang terlihat rapi dengan seragam sekolah, yang terlihat tenang, yang senang mencatat, dan banyak hal tentangmu yang kusuka. Aku menyukaimu, rasa suka itu kemudian terus berkembang. Sehingga tidak hanya sekedar menyukaimu, tapi mencintaimu.

Stop Mengeluh, Terlalu Banyak Hal Yang Bisa Disyukuri

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Datang 2013 * Telat Ohh -_-' . Semoga di tahun ini kita bisa lebih baik lagi (harus) ^^. Untuk 2012, selamat tinggal. Terima kasih untuk 'pelajaran' yang berharga yang diberikan kepada kami. Lewat kebahagian, kesedihan, kesenangan, kesendirian maupun kegalauan (hehe). Saya minta maaf pada Desember lalu tiba-tiba menghilang begitu saja dari dunia perbloggeran. Tidak membalas komentar teman-teman ataupun blogwalking ke blog teman-teman semua. Banyak hal yang terjadi di luar dugaan saya, dan hal-hal itu menjadi berentetan satu sama lain. Sehingga memaksa saya untuk tidak ngeblog dan membuat kalian semua menjadi rindu *Maksa :D, dilarang protes ya :P Saya bingung harus menuliskan apa lagi dalam postingan ini. Otak saya sepertinya agak sedikit 'kaku' karena lebih dari sebulan tak digunakan untuk menulis di blog pribadi saya, atau mungkin saya yang tidak punya cerita untuk dibagikan hari ini. Tugas dan Uas (lagi-lagi), menghabisk

Proker KKN-ku

Lanjutan... Tanggal 10 Juli 2013 , merupakan tanggal pertama di mulainya program kerja kami.. Sebelum masuk ke program kerja, saya ingin memperkenalkan dan memperlihatkan teman-teman posko  saya *para Rangers :D Ansar ' Teknik Arsitek 2009 (Koordinator Desa) Adin 'Manajemen 2010 (Koordinator Kecamatan) Uci 'Agribisnis 2010 (Sekretaris Posko)  Saya Sendiri :D' Akuntansi 2010 (Bendahara Posko) Amed' Peternakan 2009  Wayan' Fisip Antropologi 2010 Sudah perkenalannya kan? :D.. Lanjut program kerja.  Adapun program-program kerja yang kami punya, yaitu : 1. Baksos (Bakti Sosial) . Merupakan program kerja yang pertama kali dilaksanakan. Targetan dari baksos yaitu 3 kali, dan sasarannya Mesjid sama lapangan bola yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an. 2.  Pembenahan Inventaris Desa . Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja di bagian ekonomi. Pembenahan inventaris desa merupakan program