Langsung ke konten utama

Mama~lah Penyemangat Hidupku


‘KASIH IBU KEPADA BETA TAK TERHINGGA SEPANJANG MASA,,
HANYA MEMBERI TAK   HARAP KEMBALI BAGAI SANG SURYA MENYINARI DUNIA’

Mama adalah seseorang yang paling mengerti tentang diriku, anaknya.. Mama selalu memberikan semangat kepadaku dan mengatakan bahwa aku merupakan hartamu yang berharga. Yang tak akan pernah Engkau tukar dengan apapun.

Aku ingat di saat aku masih duduk di Sekolah Dasar, mungkin kelas 2 atau kelas 3, entahlah aku lupa. Mama menjemputku di sekolahan bersama Papa, mendapatiku sementara menangis. Tangisan anak kecil yang sesunggukan,,. Mamapun bertanya padaku, kenapa aku menangis?? Dan akupun tak bisa menjawabnya,, yang ada tangisanku malah semakin kencang. Mama terlihat cemas di saat aku menangis, begitupun dengan papa. Tetapi Mereka sabar menungguku, sampai aku berhenti menangis dan bisa menjawab pertanyaan itu.  Akhirnya akupun menjawab pertanyaan mama ‘ temanku mengejekqu lagi,, aku sudah coba untuk tidak menangis, tapi dia terus-terusan mengejekqu, dan hampir tiap hari dia seperti itu. Aku sudah tak tahan lagi dengan ejekannya, padahal aku sama sekali tidak mengganggunya, mengganggu temanku itu’. 

Ku lihat raut wajah mama menjadi sedih, tapi mama berusaha untuk tidak mengeluarkan air matanya,, sama seperti Papa. Kalian berusaha tegar di hadapanku. . Mamapun memberikan pengertian kepadaku, anak yang masih berusia 7 tahun. Bahwa teman temanku hanyalah anak kecil  yang akan merespon ‘sesuatu’ yang mereka anggap berbeda dari mereka dan orang orang pada umumnya.

Ada kata kata mama yang aku sukai, yaitu “apa yang terjadi dengan kondisiku merupakan takdir Allah,. Wujud kasih sayang Allah terhadapku, dan terdapat rahasia Allah yang indah di balik penciptaanNya terhadapku. Karena tidak ada manusia yang sempurna, semua manusia terlahir dengan kekurangan dan kelebihan, mungkin saja ada kekurangan mereka yang tidak tampak oleh mata manusia”.

Akupun terus meyakini kata kata mama.. Walaupun dulu, terkadang di dalam hatiku aku merasa Allah tidak adil denganku. Kenapa aku diberikan kekurangan yang tampak oleh mata manusia?  Tetapi aku tidak mengatakan hal itu pada mama, karena Aku tak mau mama menjadi sedih. Mama terus memberikan semangat kepadaku bahwa hidup itu mudah untuk di jalani, apabila kita mengandalkan Tuhan, Allah Swt.. Mama berjanji akan menemaniku melewatinya bersama – sama, akan selalu berada di sampingku.

Akupun tumbuh menjadi anak yang pemalu, yang kurang bergaul dengan banyak orang seumuranku,. Karena aku tak mau orang orang bertanya tentang keadaanku,. Aku tak tau harus memberikan penjelasan apa terhadap mereka. Aku merasa tenang ketika aku sendirian, walaupun kadang aku merasa kesepian. Tapi menurutku itu lebih baik.

Aku menamatkan pendidikanku di sekolah dasar, ada perasaan senang yang menghinggapi hatiku,. Di saat aku mulai mendaftar di Sekolah Menengah Pertama, mamalah yang menemaniku,. Aku tak mau mendaftar sendirian .. Dan ketika Masa Orientasi Siswa (MOS) tiba, aku sebenarnya tak ingin ikut. Tapi Mama meyakinkanku bahwa MOS itu sesuatu yang menyenangkan dan aku bisa mendapatkan teman teman dari masa MOS tersebut..  Mama menungguiku di hari pertama MOS, karena mama tau aku takut berada di tempat ramai ‘hanya sendirian’.. Akhirnya aku bisa melewatii MOS dengan baik. Itu semua karenamu Mama..

Ketika Aku mengenal cinta, mulai menyukai ‘lawan jenis’,, mamalah orang yang pertama kali kuberitahu. Aku sama sekali tidak percaya dengan orang lain, termasuk teman-temanku. Mama menjadi pendengar yang baik untukku, bukan hanya itu mama juga menjadi penasehat yang baik untukku. Aku merasa aman mengeluarkan apa yang ada di hati dan pikiranku, kepadanya. Karena aku tau mama tidak akan menceritakan pada siapa pun..

Begitupun di saat aku patah hati, lagi-lagi aku mengadukannya kepadamu Mama. Mama menenangkanku,, menghentikan tangisku, dan mengatakan kepadaku “bahwa dia laki laki yang baik,,. tapi mungkin  bukan jodohmu,,. Jangan membencinya yang sudah pernah membuatmu bahagia, dan berada di sampingmu.  Berterimakasihlah kepadanya karena mau menerimamu apa adanya dan menyayangimu selama hampir setahun kalian bersama.” Karena perkataanmu Mama, aku sama sekali tidak membenciny. Aku malah menjadi sedikit lebih dewasa dengan hal tersebut.

Mama,, aku terus terusan membutuhkanmu, merepotkanmu.. Sampai dengan sekarang ini, walaupun umurku sudah hampir menginjak 20 tahun. Aku selalu membutuhkanmu. Aku tak tau apa aku bisa jadi setegar ini tanpa adanya Dirimu yang menyemangatiku..

Mama begitu berarti untukku. Aku marah ketika ada orang yang merendahkanmu,, hanya karena mama seorang ibu rumah tangga biasa. Menurutku, mereka tidak berhak mengatakan itu kepadamu. Karena mereka tidak tau apapun tentangmu.. Mereka tidak tau, kalau Mama adalah Wanita yang hebat, seorang Ibu yang luar biasa.. Yang mampu memberikan cinta dan semangat hidup terhadap anaknya yang ‘berkekurangan’..

Maafkan aku,, sering membuat hatimu sakit dengan sikapku yang menjengkelkan.  Aku berjanji mulai hari ini aku akan berusaha untuk menjadi anak yang lebih baik lagi untukmu Mama.. Aku ingin membalas semua kebaikanmu,, walaupun mungkin apa yang bisa kuberikan tidak bisa melebihi apa yang Mama berikan kepadaku.

Terimakasih untuk semuanya yang sudah engkau berikan kepadaku Mama, cintamu, kasih sayangmu,  pengorbananmu . Terimakasih juga telah menjadi seseorang yang paling mengerti dan memahamiku, dan selalu jadi penyemangat dalam hidupku.. Aku bangga menjadi anakmu,, yang terlahir dari rahimmu,. Aku mencintaimu Mama, sangat Mencintaimu .. You're my everything J

jpeg (162×161) 

“Ibu Terimakasih untuk kasih sayang yang tak pernah usai.. tulus cintamu takkan mampu untuk terbalaskan”

Komentar

  1. Saya menangis saat membaca ini. Juga mengingat bahwa saya mencintai ibu saya, seperti Mbak mencintai ibu Mbak. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya wi,..saya sangat mencintai ibu saya,. tpi terkadang saya menyakiti hatinya :(.. Smoga kita bisa menjadi anak yang lebih baik lagi utk ke 2 orang tua kita,, khususnya ibu kita yang melahirkan kita,.. Terima kasih sdh mengunjugi blog sy :),.. salam kenal wi ^^

      Hapus
  2. tidak ada cinta yang lebih besar di dunia ini dari cinta ibu ke anaknya. I love my mama so much, while read this my tears drop :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss,,kasih ibu memang sepanjang masa..
      Ketika menulis ini sebenarnya air mata saya terus mengalir.. Mengingat betapa besar cinta dan kasih sayangnya terhadap saya.
      Thanks sdh mampir k blog saya :)

      Hapus
  3. Aku sangat mencintai dan merindukanmu ibu...:)

    BalasHapus
  4. Kasih ibu sepanjang masa... Semoga Allah memberikan kukuatan dan kemudahan untuk keluargamu sobat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn ya rabbal alamin.. Begitupun denganmu :)
      Salam kenal yaa ..

      Hapus
  5. Semoga tulisan ini bisa menyadarkan kita betapa besar rasa sayang dan perhatian ibu kepada kita semua..nice post :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya,, semoga semua anak bisa menyadari betapa pentingnya ibu di kehidupan kita..
      makasih mas,, ini bru ngeblog..hehe
      Masih perlu belajar untuk membuat tulisan yang lebih bagus lagi.. Mohon bimbingannya mas,.
      Salam kenal :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. sy juga terharu saat menulisnya,.. :')
      makasihh uzay sdh mampir ke blog sy,.. salam kenal :)

      Hapus
  7. Berhasil buat gue nangis :'(
    Orang yang bener bener mau nerima kekurangan kita ya cuma mama. Beliau yang mengajarkan untuk sabar dan beliau yang meyakinkan kita bahwa setiap orang memiki kekurangan dan dari kekurangan itu pasti ada kelebihan.

    Gue suka kata kata mamanya yang waktu kakak lagi patah hati :)

    BalasHapus
  8. Masih banyak super hero di dunia ini dan lebih hebat daripada wonder woman dan sejenisnya, ialah Ibu. :)
    gue pengen nangis tadi pas baca tulisan lo. Dalem banget :)

    BalasHapus
  9. sudah sepantasnya ibu yang jadi pnyemangat hidup kita :)

    BalasHapus
  10. sedih.. :'(
    kisahnya hampir sama dengan kisahku..

    BalasHapus
  11. Sedih juga :'(
    Pingin nangis :'(
    Dalem ih :'(

    BalasHapus
  12. Gue iri sama lo kak ._. lo bisa deket dengan mama lo, sementara gue makin lama makin menjauh aja --"

    BalasHapus
  13. deket banget ya sama mamanyaaa..
    disyukuri aja kekurangan yang nina punya, mgkn semua orang memandang itu sebuah kekurangan, tp yakin bahwa Allah gak mungkin menciptakan sesuatu yang gak berguna. Pasti banyak hikmah yang nina dapet dari kekurangan itu,apalagi bisa mengubahnya menjadi sebuah kelebihan :)

    jangan pernah berfikir untuk membuat mama sedih yaaaa
    jaga terus mamanyaaa :')

    BalasHapus
  14. Mama adalah segalanya bagi hidup dan jiwa kita,
    Mama bisa menjaga kita dari Bocah smpk dgn dewasa,
    http://matabathin-dery.blogspot.com

    BalasHapus
  15. beruntung banget bisa deket banget sama ibu ..
    banyak orang yang justru jaga jarak sama ibu :))

    semoga km bisa ngebahagiain ibu yaaa :))

    BalasHapus
  16. jadi ceritanya mbak amel ini, anak kecil yg cengeng dulu :p ^^ mungkin ada baiknya kalau kita tetap PD walaupun kekurangan yg kita punya sangat dalam.. :p

    sy ingat waktu jaman awal SD, pernah lumayan "pemalu" yg mengakibatkan saya "bodoh" karena sy bertubuh kecil dan pendek, jadi sy selalu malu untuk bertanya pelajaran pd pihak yang berwenang -guru- ^^

    trus dikelas 3 ada anak baru yg masuk di -dulu SDN 10 Palu-. Namanya Gery Andika Lantang, hehehe anak ini hampir tiap hari menyemangati sy, bergaul dengan sy sampai jadi "sahabat" pertama sy jaman itu, sampai sekarang pun masih :)

    oh iya dulu waktu jaman SD, kira2 kelas 4-5 saya sering jualan kue2 an dikelas, yah maklum, mama juga jualan itu dikantor nya -waktu itu masih jadi Honorer, gaji nya pas2 an cenderung kurang ^^ - waktu itu kue jualanku laku kerasss.. :D sampai tiba suatu hari wali kelas ku marah2 didepan kelas sembari menyebut nyebut nama sy dihadapan semua siswa/i dan menyuruh saya berhenti jualan gara2 jualannya kurang laku (bayangkan seberapa malunya saya pada saat itu, apalagi ada siswi yang sy senangi waktu itu ^^ ), memang waktu itu tiap hari dia (wali kelasku) juga bawa jualan coklat yang semua anak dikelasnya wajib beli, kalo tidak -heh jangan ditanya- hhahay, anak SD dulu diancam sedikit pasti nurut, hehehe. Akhirnya sy "pensiun" jadi penjual kue saat itu juga ^^, waktu itu yg tertawa juga ada, salah seorang "langganan" juara kelas (3 besar, dia selalu juara 3) ini lumayan nyakitin men hhahay ^^

    lanjutannya dibawah ^^

    BalasHapus

  17. akhirnya waktu kelas 5, Andika yg juga salah satu "langganan" juara kelas itu sedikit membuat sy terbakar semangatnya, dia menyemangati sy untuk minimal masuk 3 besar dikelas, membuktikan kalau dengan usaha, semua orang jg bisa loh -maklum prestasi sy yg paling prestisius jaman itu cuma juara 7 dikelas- ini saja papa sy bangga nya minta ampun setengah malu maluin, karena diceritakan kesemua orang hahaha.. (tetangga, saudara semua heboh dikiranya sy puinter gara2 juara 7) ^^

    kebetulan dikelas, ada 3 orang yg menurut sy mustahil untuk dikalahkan -termasuk andika yang langganan juara 2 dan orang yg selalu juara 3 itu-, mulailah ambisi sy untuk mengalahkan ketiganya. Target sy waktu itu cukup prestisius -sy berjanji akan menjadi JUARA 3 diKelas 6 nanti- hahaha itu sudah sangat mengagumkan untuk sy. sy memang sengaja menargetkan juara 3 untuk "menyingkirkan" nama orang itu tuh, dari daftar juara 3, dan jg, sy tidak ingin mengalahkan Andika dideret juara saat itu. Sy ingin dia tetap juara diatasku.

    Dan syukur, ternyata waktu itu Allah benar2 paring (Memberi), akhirnya sy benar benar juara 3 dikelas terakhir jaman SD ini, cita citaku yang "tinggi selangit" itu tercapai jg.. hehehe ^^ bangga nya waktu itu bener2 terasa,

    1 karena sy membuat papa sy lebih bangga lagi dan makin semangat baceritakan anaknya yg juara 3 ini hahaha.. malu lenk
    2 karena diumumkan didepan semua orang, semua Guru dan semua orang tua murid dalam acara perpisahan kelas 6, -waktu itu diadakan di Gedung merry Glow- dan tidak sedikit teman2 ku yang mengerti ambisi ku, mengelu elu kan namaku malam itu hahay agak lebay, tapi begitu sudah kejadiannya

    eh apa sy mengalahkan orang yang langganan juara 3 itu? belum

    bukan malam itu kejadiannya. Setelah lulus, kami pun, yah seperti biasa, ngetes ilmu di SMP SMP terbaik sapa tau bisa lolos. Alhamdulillah dari 3 SMP yang sy ujikan (SMP 1,2,4), lolos semua yeey ^^ alhamdulillah.

    Tetapi hal sebaliknya terjadi di kubu lawan, aseek >_<

    orang yang "mantan langganan" juara 3 itu, dari ketiga SMP yang didaftarnya (sama, SMP 1,2,4), tidak ada satu pun yang lolos, dan dia -terancam- terpaksa harus menunggu satu tahun lagi agar bisa lanjut ke SMP (karena masa pendaftaran sudah tutup).

    Tak disangga dia kemudian datang kerumahku bersama orang tua nya, ada apa?

    yg pertama dia mau minta maaf kalau2 selama SD dia punya salah2 ^^ iyo dan, sy maafkan hehehe
    yang kedua, dia "meminta SMP 1" dari tangan ku, karena dia tau sy menginginkan SMP 2 (sy lupa dulu ngaturnya gimana, kalo ga salah, sama aja kayak balik nama) ^^ ini pun sy berikan

    begitulah akhirnya cerita jaman SD ku ^^
    sy jadi tau, apapun kekurangan kita, kita akan tetap terpuruk kalau setiap saat kita hanya memikirkan "apa kata orang" tentang kekurangan kita, tidak semua orang akan tertawa dengan kekurangan kita, sebagian tentu akan menjadi "kawan" dan mendukung.. sebagian lain adalah kubu negatif, akan selalu seperti ini keadaannya, namanya juga dunia ^^ (Justru adanya mereka malah akan membakar amarah yang bisa bikin semangat, membuat kita tidak berleha leha :D , terima kasih kepada "kubu negatif" :) )tetep bertemanlah dengan orang2 yang positif (sepemikiran) dengan kita.. ^^

    dan tetep semangat apapun background dan kekurangan kita,..
    "kita sayang, kita" ^^ I <3 U

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada 'Kenangan' itu di Masa SMA Kita..

22 agustus, 2 bulan yang lalu adalah hari di mana aku bertemu denganmu lagi. Ya 'kau', kau yang pernah menjadi bagian termanis di masa SMA ku. Tak ada yang berubah dari dirimu, tingkahmu, suaramu, gaya bicaramu, dan senyummu masih sama seperti yang dulu.  Kembali mengingat 3 tahun yang lalu, bukan tapi 4 tahun yang lalu. Aku sudah menyukaimu sejak pertama melihatmu, mungkin itu yang dinamakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Melihatmu duduk di dalam sebuah ruang kelas, kelasmu yang juga menjadi kelasku. Kita sekelas, di kelas 11 Ipa itu. Ada yang menarik dari dirimu, senyummu (itu hal pertama yang membuatku tertarik padamu). Setelah itu Aku lebih tertarik pada kepribadianmu. Ku suka dengan kepribadianmu, kau yang tak merokok, yang terlihat rapi dengan seragam sekolah, yang terlihat tenang, yang senang mencatat, dan banyak hal tentangmu yang kusuka. Aku menyukaimu, rasa suka itu kemudian terus berkembang. Sehingga tidak hanya sekedar menyukaimu, tapi mencintaimu.

Stop Mengeluh, Terlalu Banyak Hal Yang Bisa Disyukuri

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Datang 2013 * Telat Ohh -_-' . Semoga di tahun ini kita bisa lebih baik lagi (harus) ^^. Untuk 2012, selamat tinggal. Terima kasih untuk 'pelajaran' yang berharga yang diberikan kepada kami. Lewat kebahagian, kesedihan, kesenangan, kesendirian maupun kegalauan (hehe). Saya minta maaf pada Desember lalu tiba-tiba menghilang begitu saja dari dunia perbloggeran. Tidak membalas komentar teman-teman ataupun blogwalking ke blog teman-teman semua. Banyak hal yang terjadi di luar dugaan saya, dan hal-hal itu menjadi berentetan satu sama lain. Sehingga memaksa saya untuk tidak ngeblog dan membuat kalian semua menjadi rindu *Maksa :D, dilarang protes ya :P Saya bingung harus menuliskan apa lagi dalam postingan ini. Otak saya sepertinya agak sedikit 'kaku' karena lebih dari sebulan tak digunakan untuk menulis di blog pribadi saya, atau mungkin saya yang tidak punya cerita untuk dibagikan hari ini. Tugas dan Uas (lagi-lagi), menghabisk

Proker KKN-ku

Lanjutan... Tanggal 10 Juli 2013 , merupakan tanggal pertama di mulainya program kerja kami.. Sebelum masuk ke program kerja, saya ingin memperkenalkan dan memperlihatkan teman-teman posko  saya *para Rangers :D Ansar ' Teknik Arsitek 2009 (Koordinator Desa) Adin 'Manajemen 2010 (Koordinator Kecamatan) Uci 'Agribisnis 2010 (Sekretaris Posko)  Saya Sendiri :D' Akuntansi 2010 (Bendahara Posko) Amed' Peternakan 2009  Wayan' Fisip Antropologi 2010 Sudah perkenalannya kan? :D.. Lanjut program kerja.  Adapun program-program kerja yang kami punya, yaitu : 1. Baksos (Bakti Sosial) . Merupakan program kerja yang pertama kali dilaksanakan. Targetan dari baksos yaitu 3 kali, dan sasarannya Mesjid sama lapangan bola yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an. 2.  Pembenahan Inventaris Desa . Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja di bagian ekonomi. Pembenahan inventaris desa merupakan program