Dewasa itu..??

Posted by Nina Rizka Amalia Senin, 28 Mei 2012 21 komentar

Kembali memainkan jari jari tangan ini di atas papan keyboard.. Ada hal yang masih saya pikirkan sampai sekarang, yaitu arti kata ‘dewasa’.. bagaimana sebenarnya dewasa itu?? Apakah umur seseorang dapat menunjukkan kedewasaan seseorang?? Apakah hanya orang yang sudah memiliki ‘banyak umur’ yang dikategorikan dewasa? Apakah orang dewasa itu harus terkesan serius?? Banyak pertanyaan yang muncul dalam pikiran saya mengenai arti dewasa ini..

Menurut hukum perkawinan yang berlaku di negara kita tercinta “Indonesia”, seseorang dikatakan dewasa apabila telah berumur 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki laki,.Dalam ilmu psikologi, dewasa diartikan sebagai periode perkembangan yang bermula pada akhir usia belasan tahun atau awal usia duapuluhan tahun dan berakhir pada usia tiga puluh an tahun.

Menurut hukum islam, dewasa itu terjadi apabila ditandai dengan perubahan pada hormon-hormon seksualnya, seperti yang terjadi pada anak laki-laki sudah mengalami ihtilam (mimpi basah), sedangkan buat anak perempuan sudah mulai haid alias datangnya ‘tamu bulanan’, kejadian itu dikenal dengan istilah sudah “baligh”.

Lain halnya di negara sakura, Jepang,, menanggapi kedewasaan masyarakatnya dengan cara yang unik, yaitu setiap hari senin (minggu kedua bulan Januari), diselenggarakan upacara menjadi dewasa (Seijin Shiki) yang bertempat pada berbagai Balai Rakyat Kelurahan di seluruh penjuru Jepang. Hari Menjadi Dewasa juga dijadikan hari libur nasional di Jepang. Saat hari menjadi dewasa tiba, pemerintah lokal mengundang setiap anak muda di wilayahnya yang sudah berusia mencapai 20 tahun, terhitung dari April tahun lalu, hingga April tahun ini, untuk dikumpulkan dan diberi wejangan oleh para sesepuh, dan dinyatakan sudah menjadi dewasa sejak upacara itu.

Darii ke 3  definisi di atas,, menanggapi kedewasaan seseorang hanya dari faktor umurnya saja,,. Saya sering mendengar kata “ Tua itu mutlak,, tapi dewasa itu pilihan” ,, saya yakin kalian juga pernah mendengarnya.. Menurut saya kedewasaan itu bisa terbentuk dari lingkungan sekitar kita, misalnya seorang anak kecil yang hanya hidup ber 2 dengan ibunya yang sakit sakitan,, sehingga dia harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang seharusnya dilakukan oleh ibunya dan mencari  ‘penghidupan’ untuk dirinya dan ibunya,. Di situ bisa terlihat kalau anak kecil tersebut sudah dewasa, karena keadaan dapat membentuk pikirannya untuk melakukan hal tersebut.. Ya pikiran anak tersebutlah yang dewasa,,. Sehingga membuat dia bersikap bahwa tanggungjawabnyalah untuk mengerjakan hal tersebut.

Seseorang juga bisa dikatakan dewasa bagaimana cara dia dalam menyikapi suatu masalah yang ada di hidupnya, karena setiap orang akan mengalami masalah dalam hidup.. Tidak ada orang di dunia ini yang tidak memiliki masalah,,. Misalnya ketika ada 2 orang yang sedang mengalami putus cinta dalam waktu bersamaan, si A menyikapi kegagalan cintanya dengan uring uringan di kamar, ga mau makan, minum dsb,, dan berpikir untuk mati aja.. Sedangkan si B, dya juga sedihh.. Hmm Sypa sihh yang ga sedih ketika kisah cintanya harus berakhir padahal dalam hati belum pengen mengakhirinya,, termasuk saya juga.. hehe.. Tapii dya memotivasi dirinya,, bahwa akan ada seseorang yang lebih baik dari orang sebelumnya. Sehingga dari motivasi tersebut membuatnya semangat dalam menjalani hari harinya.. Dari contoh ini,, kita bisa melihat syapa yang memiliki sikap dewasa..

Seseorang yang dewasa tidak harus tua,, tidak juga harus berpenampilan layaknya orang ‘tua’.. Tidak harus selalu menjadi orang yang serius, tetapi orang yang menjalanii hari harinya dengan semangat , berpikir positif, mampu menyikapi setiap masalah yang muncul dalam hidupnya dengan baik, bertanggungjawab terhadap apa yang dikerjakannya, mampu menempatkan diri secara tepat dalam lingkungan yang berbeda, mampu memberikan maaf terhadap orang lain yang sudah berbuat salah terhadapnya dan menyakiti hatinya, dan selalu belajar menjadi manusia yang lebih bermanfaat untuk dirinya serta orang lain.

Saya ingin menjadi ‘dewasa’ .. ^^

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dewasa itu..??
Ditulis oleh Nina Rizka Amalia
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ninarizka.blogspot.com/2012/05/dewasa-itu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

21 komentar:

A. Y. Indrayana mengatakan...

'Dewasa', bukan berarti selesai masa muda...
'Dewasa', adalah awal dari proses pendewasaan seseorang menjadi pribadi yang dewasa sesungguhnya.


Salam ^ ^

nina amalia kasim mengatakan...

iyya sy setuju sma pendapat kmu... So, apakah kamu sudah termasuk orang yg dewasa?? hehe
salam balik :)

Ririe Khayan mengatakan...

Menjadi tua itu pasti...tp menjadi sosok yg dewasa butuh usaha, proses dan tempaan hidup

Mbak Iis mengatakan...

kedewasaan seseorang itu tdk dilihat dr umur melainkan pola pikir seseorang yg mempengaruhinya.

Uzay ^,^ mengatakan...

Dewasa luas yaa tak hanya berpatokan usia, tapi pengalaman juga penting..

diniehz mengatakan...

Pendapat saya tentang kedewasaan pernah saya tulis di: http://www.dhzblog.com/2011/09/orang-dewasa-belum-tentu-dewasa.html

hehehe ^^v

Arya Devi mengatakan...

yang terpenting adalah dewasa secara mental...dan ini tidak berhubungan dengan usia...ya kan mba?


sebab ada saja orangtua yang berperilaku seperti ABG....

nina amalia kasim mengatakan...

iyya mbak, saya setuju.. menjadi dewasa itu perlu proses, karena akan terbentuk dari pengalaman hidup kita ..
makasih buat kunjungannya mbak .. ^^

nina amalia kasim mengatakan...

Yupss benar banget mbakk.. Dewasa itu tergantung dari pemikiran kita..
Makasihh sudah jalan jalan ke blog saya mbak :)

nina amalia kasim mengatakan...

benar bang uzay,, arti dewasa tuh luas seluas lautan di Indonesia.. hehe
yupps,, experience hidup memang penting.. Karena dari pengalaman hidup akan membentuk karakter seseorang..

nina amalia kasim mengatakan...

Owh,,okk mbak.. nnti saya ngintip ke tempat mbak dini ahh yang tulisan "orang dewasa belum tentu dewasa",..
Thanks untuk kunjungannya ke blog saya mbak.. Salam kenal ^^

Faizal Indra kusuma mengatakan...

Aku baru memulai Dewasa :)

nina amalia kasim mengatakan...

iya,, dewasa secara mental dan dalam berpikir..
saya juga pernah nemuin yang kayag begitu..

Salam kenal yahh mas ^^

nina amalia kasim mengatakan...

sy pun begitu.. msih dalam proses menuju arti kedewasaan yang sebenarnya :)

fajar p mengatakan...

dewasa itu mungkin sejenis keadaan, pengalaman, pemikiran
atau terbentuk dari ke 3 hal tersebut.
sehingga seseorang memilih menjadi dewasa atau tidak

terim kasih sudah berkunjung ke blog saya,
salam kenal

Andy mengatakan...

kalau menurut aku Dewasa itu mapan secara akal & pikiran,tidak tergantung pada umur & raut wajahnya :)

kakve_santi mengatakan...

dewasa itu bukan hanya menjadi lebih tua.. lebih besar dan lebih ditakuti...

tapi juga menjadi bijak

nina amalia kasim mengatakan...

that's right ..

iyya, makasih juga sudah jalan jalan k blog saya..
Salam balik :)

nina amalia kasim mengatakan...

iyya andy :)

makasih yah sudah berkunjung ke blog saya ...

nina amalia kasim mengatakan...

iyya,, menjadi lebih bijak..
thanks buat kunjungannya :)

A. Y. Indrayana mengatakan...

Iyaa... saya seorang lelaki dewasa rasa sedikit kekanakan..
Haha
Bercanda *tar gak mau kenal lagi :D

Salam kenal lagi :)

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of 'Dunia Kecilku'.