Proker KKN-ku

Posted by Nina Rizka Amalia Rabu, 13 November 2013 25 komentar
Lanjutan...

Tanggal 10 Juli 2013, merupakan tanggal pertama di mulainya program kerja kami.. Sebelum masuk ke program kerja, saya ingin memperkenalkan dan memperlihatkan teman-teman posko  saya *para Rangers :D

Ansar ' Teknik Arsitek 2009 (Koordinator Desa)

Adin 'Manajemen 2010 (Koordinator Kecamatan)

Uci 'Agribisnis 2010 (Sekretaris Posko)

 Saya Sendiri :D' Akuntansi 2010 (Bendahara Posko)

Amed' Peternakan 2009 


Wayan' Fisip Antropologi 2010

Sudah perkenalannya kan? :D.. Lanjut program kerja. Adapun program-program kerja yang kami punya, yaitu :

1. Baksos (Bakti Sosial). Merupakan program kerja yang pertama kali dilaksanakan. Targetan dari baksos yaitu 3 kali, dan sasarannya Mesjid sama lapangan bola yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an.




2. Pembenahan Inventaris Desa. Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja di bagian ekonomi. Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja yang di mana kami memperbaiki serta memperbaharui segala inventaris yang ada d kantor desa, dan mencatat aset-aset yang dimiliki oleh desa. Program ini merupakan program kerja yang pertama kami laksanakan dan program ini merupakan usulan dari masyarakat.

Pembenahan Inventaris Desa

Pembenahan Inventaris Desa

3. Pesantren Kilat + Buka bersama. Untuk pesantren kilat + bukber sendiri, dilaksanakan di SMP 1 Ampana Tete, selama sehari dengan sasaran Siswa/i dan guru SMP 1 Ampana Tete *yang pasti diadakannya saat bulan puasa. Program ini merupakan bagian dari bidang pendidikan dan direalisasikan pada tanggal 12 Juli 2013. Menu buka puasanya waktu itu macam-macam kue + macam-macam minuman dan semuanya enak-enak (yummy), dan semuanya disediakan oleh pihak sekolah *Sekolah tau saja kalo mahasiswa pada dasarnya kantongnya nge-pas :D ahahaha

Saya ingat saat kegiatan ini, ada seorang ibu guru yang meminta saya untuk membantunya menyiapkan menu buka puasa. Cara Ibu itu menyuruh saya seperti sudah lama kenal, saya pun membantunya mengangkat kue-kue dan minuman-minuman, sampai akhirnya si Ibu guru bilang gini : Anak KKN ya? Astaga De Maaf, ibu kira ibu pe murid (punya murid) *Weuhh Saya dikiranya murid situ , ANAK SMP Donk :D hahahaha. 

Hampir saya mau nanya gini ke Ibu guru: Ibu, ibu kira saya murid kelas berapa? Hahaha,..





4. Lanjut ke program kerja ke 3 yaitu pengajian. Sama seperti pesantren kilat + bukber, pengajian merupakan bagian dari bidang pendidikan. Sasaran dari pengajian merupakan ibu-ibu pkk dan masyarakat di desa Tete A. Sebenarnya target pelaksanaannya 5 kali, tapi jadwal berubah. Jadinya setiap taraweh selalu ada pengajian *dan saya sering bolos waktu itu, ckckck -_-



5. Penanaman TOGA. TOGA merupakan Tanaman Obat dan Keluarga *bukan Toga yang dipake buat wisudha'an. Penanaman TOGA ini memanfaatkan pekarangan yang ada di Kantor Desa. Untuk bibitnya sendiri diambil dari rumah-rumah warga, juga rumah kepala desa sendiri. Ada kunyit, jahe, cocor bebek, dan kawanannya *malas nyebut satu-satu :P





6Pembuatan Papan Batas Dusun, RT dan Nama Jalan . Saat melakukan observasi, kami tidak melihat adanya papan nama jalan di sepanjang jalan Desa Tete A, serta batas dusun dan RT. Karena itu kami memasukkannya sebagai program kerja kami di bagian lingkungan hidup.

Padahal yang mau difoto Pak Kades *Wayan ikutan nebeng :D

papan jalan, RT, dan batas dusun

Rajinnya :P *padahal cuma acting doank (nyengir)


Pemasangan papan nama jalan, batas dusun dan nama rt dibantu teman-teman dari posko Mantangisi dan Kordes Tete B





7. Pembuatan Papan Asri/ Hati PKK. Program ini juga merupakan bidang lingkungan hidup dan tawaran dari masyarakat. Masyarakat meminta dibuatkan papan asri/hati pkk di setiap rumah-rumah mereka (banyaknya kalo mau dibikinkan semua, mati muda -__-), meskipun mereka mengatakan dananya dari mereka tapi tawaran itu kami tolak mengingat banyaknya rumah-rumah di desa tersebut ( dan kami masih punya program kerja lain yang jumlahnya tidak sedikit). Akhirnya berdasarkan kesepakatan bersama, kami hanya akan membuat papan Asri sebanyak 5 buah, yang ditaruh di depan kantor desa, rumah ketua rt I, rt II, rt III, dan rt IV.






8. Sosialisasi Rumah Tropis. Tau kan yang dimaksud rumah Tropis? Ga tau? Sama saya juga begitu (hahaha). Program sosialisasi rumah tropis merupakan program kerja kordes saya yang seorang anak arsitek. Sosialisasinya pada waktu itu dengan cara membagikan brosur/selebaran yang berisi tentang penjelasan rumah tropis *Saya ga sempat baca isi brosurnya, karena itu saya kaga tau apa itu rumah tropis




9. Sosialisasi Hiv & Aids. Untuk sosialisasi hiv aids cara sosialisasinya sama dengan sosialisasi rumah tropis, yaitu menggunakan brosur. Isi brosurnya seputaran hiv & aids, *tidak pernah mau liat brosurnya lama-lama, gambarnya mengerikan -__-



10. Pelatihan Wirausaha (Kue Kering). Langsung ke dokumentasinya saja yo *cape ngetik penjelasannya :D




( Salah satu bentuk cobaan  saat puasa :D )

#bersambung (lagi dan lagi) ...
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Proker KKN-ku
Ditulis oleh Nina Rizka Amalia
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ninarizka.blogspot.com/2013/11/proker-kkn-ku.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

25 komentar:

Asep Haryono mengatakan...

Hadir lagi di sini mba Nina.
heihieie saya malah jadi ingat jaman saya KKN dahulu. Taun jadul sekitar 1995 gitu deh hiehiehie. Senangnya bisa kumpul dan berkarya di Desa. Oh ya mba Nina kebagian sebagai bendara posko ya. Waaa megang duit terus tuh

Pri Enamsatutujuh mengatakan...

Kyknya seru juga ya KKN... jauh gak dr rumah?

nina rizka amalia mengatakan...

Ehh Kang Asep, halo Kang ^^.. Oh Kang Asep Kkn-nya tahun 95' *Udah lama ya Kang.

Iya Kang, sy kebagian jadi bendahara posko.. Tiap hari pusing ngitungin duit, tapi lebih pusing lagi saat kas posko menipis :D hihihi

nina rizka amalia mengatakan...

Iya Mas seru *tapi cukup sekali sja.. Hehehe

Lumayan Jauh Mas. Ke tempat KKN saya butuh waktu 11 jam an dengan kecepatan normal (kendaraan).

zachflazz mengatakan...

salam metal buat kordesnya ya Mbak Nina..

zachflazz mengatakan...

saya dong KKN di abad yang lalu

zachflazz mengatakan...

11 jam? sama kayak Yogya-Jakarta deh

nina rizka amalia mengatakan...

Mas Zach : Sudah Tua donk Mas. Hihihi

nina rizka amalia mengatakan...

Ok Mas Zach ^^.. Meskipun keliatannya agak sangar, tapi dia baik Mas Zach. .

Cerita Ocha mengatakan...

Pengen kkn.... Masih lama heuheuheu

Lilih Prilian Ari Pranowo mengatakan...

Ada cinlok bersemikah di lokasi KKN?

nina rizka amalia mengatakan...

Nanti Ocha juga bakalan Kkn ko' (insha allah) ^_^. Ga bakalan terasa lama ko Cha, krna waktu cepat berputar :).

nina rizka amalia mengatakan...

Banyak Mas, desa-desa sebelah banyak yang cinlok, hehehe :D .. Tapi di posko kami ga ada yang cinlok :D

Azie Thea mengatakan...

wah kayaknya seneng ya mbak, banyak teman dan menambah pengalaman, kalau dilihat dari potonya semangat semua yah. kerennn

Nina Rizka Amalia mengatakan...

Alhamdulillah Ia Mas,, saya banyak dapat teman baru ^_^.. Mas gimana kabarnya?

obat herbal penyakit mengatakan...

seru juga ya KKN nya

abdul latief mengatakan...

Asskm mbak nina, bisa minta contoh proker nggak??

Anonim mengatakan...

Pelatihan wirausaha itu dananya yg nyediain siapa mba??

Anonim mengatakan...

wahh.. sepertinya seru dan bermanfaat y KKN nya :)

Anonim mengatakan...

wah menginspirasi.. mkasih ya kak^^

Desrina El-khansa mengatakan...

terima kasih y mbak

tulisan ny ngebantu bgt,,lagi cari inspirasi buat proker..
pdahal kkn ny tinggal ngitung hari...

Rizky Danar Novita Sari mengatakan...

terimakasih bgt mbak... ngebantu bgt nie. KKN di depan mata bgt..

obat asam lambung mengatakan...

gastric health green world

obat sakit maag

obat penyakit lambung

gejala asam lambung

obat asam lambung

obat untuk pencernaan

oobat maag

obat lambung

mengatasi sakit lambung

obat asam lambung tinggi

gejala asam lambung

obat asam lambung

obat untuk pencernaan

oobat maag

obat lambung

mengatasi sakit lambung

obat asam lambung tinggi

obat penyakit lambung

Nasib Nasib mengatakan...

optimasi kata kunci dalam membangun backlink lihat halaman kata kunci panjang untuk optimasi pemasangan backlink



benefits of reading surah maryam during pregnancy lihat penjelasan lengkapnya benefits of surah maryam for marriage



download contoh ptk ipa dan ips download di sini download contoh ptk agama islam sd



buku pengantan pendidikan hukum perdata klik di sinibuku terjemahan karya penulis luar negri



benefits of reading surah maryam during pregnancybaca surat yusuf ayat 20-30benefits of surah maryam for marriage



review kamera smartphone baca info selengkapnya harga termurah android kelas menengah

supri adi mengatakan...

Saya lagi menjalani kkn ni kak, dan saya risau dengan programkak, karena belum tergambar jelas , itu gimana ya kak , boleh minta saran baiknya gimana kak.

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of 'Dunia Kecilku'.