Lanjutan Program Kerja...

Posted by Nina Rizka Amalia Jumat, 15 November 2013 5 komentar
Mari kita masuk ke proker-proker selanjutnya :

11. Lomba Adzan
Lomba adzan ini dilaksanakan pada minggu ke 3 pada bulan Juli 2013, pesertanya berasal dari anak-anak sekitar lingkungan lokasi saya KKN yang masih unyu-unyu (baca : SD dan SMP). Dilaksanakan di Mesjid Tt A (Ampana), untuk harinya saya agak lupa (hehe) *soalnya sudah sekitar 4 bulan yang lalu. Terdapat 3 juri yang menilai lomba adzan ini, yaitu Ustad Basri, Ibu Nursiah dengan Ibu Nurhayati.
  


12. Lomba Hafalan Surah-surah Pendek
Kalau lomba adzan hanya diikuti oleh anak laki-laki, untuk lomba hafalan ini diikuti oleh anak perempuan juga laki-laki. Untuk pesertanya masih sama, SD dan SMP, begitupun dengan tim penilainya. Karena lomba hafalan ini sebenarnya diadakan bersamaan dengan lomba adzan. 

(Ini namanya Cici, anaknya ibu Posko. Tingginya hampir sama kayag saya  :D)


Selain peserta lomba hafalan surah-surah pendek, kami juga memiliki satu peserta khusus. Seorang anak perempuan kecil unyu-unyu bernama Maya. Umurnya masih 4 tahun (karena itu saya bilangnya unyu-unyu). Si Maya ini tampil dengan membacakan doa makan *padahal waktu itu lagi puasa. Maya maya :D .. Ini dia si Maya :




(Foto bersama para peserta lomba )


13. Sosialisasi Raperdes (Rancangan Peraturan Desa)
Untuk sosialisasi raperdes, secara detail saya ga terlalu tau mengenai pelaksanaannya. Karena program yang satu ini bisa dibilang kami 'nebeng' dengan posko sebelah sehingga pelaksanaanya dilaksanakan di desa sebelah (pusungi), . Perwakilan kami yang hadir di kegiatan itu kordes dan pj dari kegiatan ini. Sosialisasi raperdes ini dilaksanakan pada minggu ke 4 bulan Juli.


14. Sosialisasi Bahaya Narkoba
Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan Agustus di salah satu sekolah yang berada di Tt A, yaitu SMP Negeri 1 Tt A. Pematerinya 2 orang, satunya merupakan teman posko saya, sementara yang satunya lagi anak Kkn juga yang berposko di desa lain tapi masih se-kecamatan dengan saya, namanya Eka. Eka merupakan orang yang pintar berinteraksi sama anak-anak SMP, jadi meskipun mereka nakal tapi saat mendengarkan arahan eka mereka terlihat antusias dan senang *Sesekali mereka juga menggombalisasi Eka saat Eka memberikan materi kepada mereka.

(Kanan : wayan, uci, eka, saya)




15. LDK (Latihan Dasar Pendidikan)
Latihan dasar kepemimpinan atau yang biasa disingkat LDK merupakan program kerja di bidang pendidikan. Waktu pelaksanaannya minggu ke 3 bulan Agustus, sehari setelah sosialisasi bahaya narkoba. Pesertanya juga merupakan anak SMPN 1 Tt A. Pematerinya kordes saya sendiri (ngirit), yang kebetulan setahun lalu merupakan ketua himpunan arsitektur dan masih aktif di organisasi kampus sampai hari ini. Jadi kordes saya lah orang yang tepat menurut kami untuk mengisi materi tentang kepemimpinan ini.








16. Pelatihan Kerajinan Lidi
Pelatihan kerajinan lidi adalah program dari ttg atau teknologi tepat guna. Di mana pelatihan ini akan mengubah lidi menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan berguna, yaitu piring lidi. Pelatihan ini diadakan di kantor desa, pada sore hari di minggu ke 4 Agustus. Kebetulan Saya tidak ikut dalam pelatihan kerajinan lidi ini, dikarenakan saya tiba-tiba sakit yang membuat saya seharian mesti istirahat di posko.. *sakit di kampung orang itu bikin nyesekk  -___-






(Si Dani serius amat mukanya ^^)


17. Penyuntikan Ternak
Penyuntikan ternak tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, harus dilakukan oleh ahlinya. Bisa-bisa nyawa hewan ternak bisa melayang. Untuk proses penyuntikan Ternak dilakukan oleh Amet yang merupakan anak peternakan. Dia sudah berpengalaman dalam hal suntik menyuntik hewan ternak, entah itu kambing, domba, sapi, dan kutu. Hewan ternak yang jadi target penyuntikan merupakan hewan ternak milik Om Fatar (Ketua RT 1) yang begitu baik sama kami selama di tempat KKN *makasih Om Fatar ^^.



18. Lomba Voli Putri
Akhirnya sampai juga pada kegiatan ekstrakurikuler.. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan program kerja yang kami laksanakan di akhir-akhir waktu KKN. Untuk lomba voli putri pesertanya terdiri dari tiap RT yang ada di Desa Tt A, kecuali RT 2 yang tidak mendaftarkan perwakilannya. Untuk lomba ini dimenangkan oleh Rt 3, Rt 2 sebagai runner up dan Rt 1 sebagai peringkat ke -3 .





19. Lomba Bola Kaki Mini
Selain voli putri, kami juga melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler lainnya, yaitu lomba bola kaki mini. Pesertanya juga merupakan perwakilan dari tiap Rt. Untuk pemenangnya saya lupa, maklum ingatan saya kurang bagus (hehe).. Kalau untuk voli saya memang ingat siapa pemenangnya, karena waktu itu saya bertugas sebagai pjnya (penanggung jawabnya).





20. Lomba Badminton
Untuk penjelasan badminton ini kayagnya saya ga perlu banyak-banyak. Intinya pesertanya merupakan laki-laki usia dewasa dan bermainnya secara tim (ganda putra). 







Akhirnya kelar juga saya menceritakan ke 20 program kerja kami. Kami menyelesaikan Kkn pada tanggal 4 September 2013. Oh iya sebelumnya saya kan nyebut 21, ternyata yang satu itu bukan bagian dari program kerja. Jadilah jumlah program kerja kami sebanyak 20 yang dikerjakan selama 2 bulan. Lumayanlah ngerasa cape-capenya waktu itu, belum lagi kalo lagi bad mood. Tapi semua itu jadi kenangan yang manis buat saya. Selama 2 bulan hidup dan tinggal bersama orang-orang yang belum saya kenal sebelumnya, merupakan pengalaman terbaik yang pernah saya miliki. Makasih untuk semua-semuanya, teman-teman Kkn, warga Ampana khususnya Desa Tt A :')


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Lanjutan Program Kerja...
Ditulis oleh Nina Rizka Amalia
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ninarizka.blogspot.com/2013/11/lanjutan-program-kerja.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 komentar:

zachflazz mengatakan...

ini dia KKN yang positif. keren banget Mbak. kereeen

Azie Thea mengatakan...

Mas-masa KKN memang penuh dengan moment yang tidak akan terlupakan yah mbak.

Nina Rizka Amalia mengatakan...

Makasih Mas Zach :D

Nina Rizka Amalia mengatakan...

Benar Mas. Masa 2 bulan Kkn itu tidak akan pernah sy lupakan :)

fadli-ucok mengatakan...

keren banget mbk masa2 kkn ya... blog mbak menjadi inspirasi buat saya membuat proker.. :)

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of 'Dunia Kecilku'.