Langsung ke konten utama

Lanjutan Program Kerja...

Mari kita masuk ke proker-proker selanjutnya :

11. Lomba Adzan
Lomba adzan ini dilaksanakan pada minggu ke 3 pada bulan Juli 2013, pesertanya berasal dari anak-anak sekitar lingkungan lokasi saya KKN yang masih unyu-unyu (baca : SD dan SMP). Dilaksanakan di Mesjid Tt A (Ampana), untuk harinya saya agak lupa (hehe) *soalnya sudah sekitar 4 bulan yang lalu. Terdapat 3 juri yang menilai lomba adzan ini, yaitu Ustad Basri, Ibu Nursiah dengan Ibu Nurhayati.
  


12. Lomba Hafalan Surah-surah Pendek
Kalau lomba adzan hanya diikuti oleh anak laki-laki, untuk lomba hafalan ini diikuti oleh anak perempuan juga laki-laki. Untuk pesertanya masih sama, SD dan SMP, begitupun dengan tim penilainya. Karena lomba hafalan ini sebenarnya diadakan bersamaan dengan lomba adzan. 

(Ini namanya Cici, anaknya ibu Posko. Tingginya hampir sama kayag saya  :D)


Selain peserta lomba hafalan surah-surah pendek, kami juga memiliki satu peserta khusus. Seorang anak perempuan kecil unyu-unyu bernama Maya. Umurnya masih 4 tahun (karena itu saya bilangnya unyu-unyu). Si Maya ini tampil dengan membacakan doa makan *padahal waktu itu lagi puasa. Maya maya :D .. Ini dia si Maya :




(Foto bersama para peserta lomba )


13. Sosialisasi Raperdes (Rancangan Peraturan Desa)
Untuk sosialisasi raperdes, secara detail saya ga terlalu tau mengenai pelaksanaannya. Karena program yang satu ini bisa dibilang kami 'nebeng' dengan posko sebelah sehingga pelaksanaanya dilaksanakan di desa sebelah (pusungi), . Perwakilan kami yang hadir di kegiatan itu kordes dan pj dari kegiatan ini. Sosialisasi raperdes ini dilaksanakan pada minggu ke 4 bulan Juli.


14. Sosialisasi Bahaya Narkoba
Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan Agustus di salah satu sekolah yang berada di Tt A, yaitu SMP Negeri 1 Tt A. Pematerinya 2 orang, satunya merupakan teman posko saya, sementara yang satunya lagi anak Kkn juga yang berposko di desa lain tapi masih se-kecamatan dengan saya, namanya Eka. Eka merupakan orang yang pintar berinteraksi sama anak-anak SMP, jadi meskipun mereka nakal tapi saat mendengarkan arahan eka mereka terlihat antusias dan senang *Sesekali mereka juga menggombalisasi Eka saat Eka memberikan materi kepada mereka.

(Kanan : wayan, uci, eka, saya)




15. LDK (Latihan Dasar Pendidikan)
Latihan dasar kepemimpinan atau yang biasa disingkat LDK merupakan program kerja di bidang pendidikan. Waktu pelaksanaannya minggu ke 3 bulan Agustus, sehari setelah sosialisasi bahaya narkoba. Pesertanya juga merupakan anak SMPN 1 Tt A. Pematerinya kordes saya sendiri (ngirit), yang kebetulan setahun lalu merupakan ketua himpunan arsitektur dan masih aktif di organisasi kampus sampai hari ini. Jadi kordes saya lah orang yang tepat menurut kami untuk mengisi materi tentang kepemimpinan ini.








16. Pelatihan Kerajinan Lidi
Pelatihan kerajinan lidi adalah program dari ttg atau teknologi tepat guna. Di mana pelatihan ini akan mengubah lidi menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan berguna, yaitu piring lidi. Pelatihan ini diadakan di kantor desa, pada sore hari di minggu ke 4 Agustus. Kebetulan Saya tidak ikut dalam pelatihan kerajinan lidi ini, dikarenakan saya tiba-tiba sakit yang membuat saya seharian mesti istirahat di posko.. *sakit di kampung orang itu bikin nyesekk  -___-






(Si Dani serius amat mukanya ^^)


17. Penyuntikan Ternak
Penyuntikan ternak tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, harus dilakukan oleh ahlinya. Bisa-bisa nyawa hewan ternak bisa melayang. Untuk proses penyuntikan Ternak dilakukan oleh Amet yang merupakan anak peternakan. Dia sudah berpengalaman dalam hal suntik menyuntik hewan ternak, entah itu kambing, domba, sapi, dan kutu. Hewan ternak yang jadi target penyuntikan merupakan hewan ternak milik Om Fatar (Ketua RT 1) yang begitu baik sama kami selama di tempat KKN *makasih Om Fatar ^^.



18. Lomba Voli Putri
Akhirnya sampai juga pada kegiatan ekstrakurikuler.. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan program kerja yang kami laksanakan di akhir-akhir waktu KKN. Untuk lomba voli putri pesertanya terdiri dari tiap RT yang ada di Desa Tt A, kecuali RT 2 yang tidak mendaftarkan perwakilannya. Untuk lomba ini dimenangkan oleh Rt 3, Rt 2 sebagai runner up dan Rt 1 sebagai peringkat ke -3 .





19. Lomba Bola Kaki Mini
Selain voli putri, kami juga melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler lainnya, yaitu lomba bola kaki mini. Pesertanya juga merupakan perwakilan dari tiap Rt. Untuk pemenangnya saya lupa, maklum ingatan saya kurang bagus (hehe).. Kalau untuk voli saya memang ingat siapa pemenangnya, karena waktu itu saya bertugas sebagai pjnya (penanggung jawabnya).





20. Lomba Badminton
Untuk penjelasan badminton ini kayagnya saya ga perlu banyak-banyak. Intinya pesertanya merupakan laki-laki usia dewasa dan bermainnya secara tim (ganda putra). 







Akhirnya kelar juga saya menceritakan ke 20 program kerja kami. Kami menyelesaikan Kkn pada tanggal 4 September 2013. Oh iya sebelumnya saya kan nyebut 21, ternyata yang satu itu bukan bagian dari program kerja. Jadilah jumlah program kerja kami sebanyak 20 yang dikerjakan selama 2 bulan. Lumayanlah ngerasa cape-capenya waktu itu, belum lagi kalo lagi bad mood. Tapi semua itu jadi kenangan yang manis buat saya. Selama 2 bulan hidup dan tinggal bersama orang-orang yang belum saya kenal sebelumnya, merupakan pengalaman terbaik yang pernah saya miliki. Makasih untuk semua-semuanya, teman-teman Kkn, warga Ampana khususnya Desa Tt A :')


Komentar

  1. ini dia KKN yang positif. keren banget Mbak. kereeen

    BalasHapus
  2. Mas-masa KKN memang penuh dengan moment yang tidak akan terlupakan yah mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mas. Masa 2 bulan Kkn itu tidak akan pernah sy lupakan :)

      Hapus
  3. keren banget mbk masa2 kkn ya... blog mbak menjadi inspirasi buat saya membuat proker.. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stop Mengeluh, Terlalu Banyak Hal Yang Bisa Disyukuri

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Datang 2013 * Telat Ohh -_-' . Semoga di tahun ini kita bisa lebih baik lagi (harus) ^^. Untuk 2012, selamat tinggal. Terima kasih untuk 'pelajaran' yang berharga yang diberikan kepada kami. Lewat kebahagian, kesedihan, kesenangan, kesendirian maupun kegalauan (hehe). Saya minta maaf pada Desember lalu tiba-tiba menghilang begitu saja dari dunia perbloggeran. Tidak membalas komentar teman-teman ataupun blogwalking ke blog teman-teman semua. Banyak hal yang terjadi di luar dugaan saya, dan hal-hal itu menjadi berentetan satu sama lain. Sehingga memaksa saya untuk tidak ngeblog dan membuat kalian semua menjadi rindu *Maksa :D, dilarang protes ya :P Saya bingung harus menuliskan apa lagi dalam postingan ini. Otak saya sepertinya agak sedikit 'kaku' karena lebih dari sebulan tak digunakan untuk menulis di blog pribadi saya, atau mungkin saya yang tidak punya cerita untuk dibagikan hari ini. Tugas dan Uas (lagi-lagi), menghabisk

Proker KKN-ku

Lanjutan... Tanggal 10 Juli 2013 , merupakan tanggal pertama di mulainya program kerja kami.. Sebelum masuk ke program kerja, saya ingin memperkenalkan dan memperlihatkan teman-teman posko  saya *para Rangers :D Ansar ' Teknik Arsitek 2009 (Koordinator Desa) Adin 'Manajemen 2010 (Koordinator Kecamatan) Uci 'Agribisnis 2010 (Sekretaris Posko)  Saya Sendiri :D' Akuntansi 2010 (Bendahara Posko) Amed' Peternakan 2009  Wayan' Fisip Antropologi 2010 Sudah perkenalannya kan? :D.. Lanjut program kerja.  Adapun program-program kerja yang kami punya, yaitu : 1. Baksos (Bakti Sosial) . Merupakan program kerja yang pertama kali dilaksanakan. Targetan dari baksos yaitu 3 kali, dan sasarannya Mesjid sama lapangan bola yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an. 2.  Pembenahan Inventaris Desa . Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja di bagian ekonomi. Pembenahan inventaris desa merupakan program

Postingan Singkat

Assalamualaikum Wr.Wb. Pertamanya saya mau mengoreksi postingan saya yang sebelumnya tentang sesuatu yang saya sebut banner, saya lupa kalau itu namanya Header (hahaha). Ga tau kenapa pikiran saya sebelumnya menyebut itu banner *lagi ga fokus sepertinya. Untung kakak saya mengoreksi saya dengan mengatakan kalau itu Header *meskipun ngasih taunya lambat. Jadinya saya keburu malu duluan (hihihi). Maap ya, namanya juga manusia ada salah sama khilapnya ^^. Oke Sekarang saya lagi duduk manis menyaksikan pertandingan Sepak Bola AFF antara Timnas Indonesia dengan Timnas Malaysia. Bersama dengan keluarga saya (komplit) ditemani dengan cemilan-cemilan, supaya lebih enak nontonya. :D Wuahh masih babak awal sudah begitu seruu.. Jadi saya ingin serius dalam menontonnya. Saya akhiri postingan saya kali ini.  Semangat untuk Timnas Indonesia, "Menangkan Indonesia Ya Allah " *Doa ala Baim cilik. Ayo Indonesia, Pasti Bisa !! Wassalamualaikum Wr.Wb