Langsung ke konten utama

Proker KKN-ku

Lanjutan...

Tanggal 10 Juli 2013, merupakan tanggal pertama di mulainya program kerja kami.. Sebelum masuk ke program kerja, saya ingin memperkenalkan dan memperlihatkan teman-teman posko  saya *para Rangers :D

Ansar ' Teknik Arsitek 2009 (Koordinator Desa)

Adin 'Manajemen 2010 (Koordinator Kecamatan)

Uci 'Agribisnis 2010 (Sekretaris Posko)

 Saya Sendiri :D' Akuntansi 2010 (Bendahara Posko)

Amed' Peternakan 2009 


Wayan' Fisip Antropologi 2010

Sudah perkenalannya kan? :D.. Lanjut program kerja. Adapun program-program kerja yang kami punya, yaitu :

1. Baksos (Bakti Sosial). Merupakan program kerja yang pertama kali dilaksanakan. Targetan dari baksos yaitu 3 kali, dan sasarannya Mesjid sama lapangan bola yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an.




2. Pembenahan Inventaris Desa. Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja di bagian ekonomi. Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja yang di mana kami memperbaiki serta memperbaharui segala inventaris yang ada d kantor desa, dan mencatat aset-aset yang dimiliki oleh desa. Program ini merupakan program kerja yang pertama kami laksanakan dan program ini merupakan usulan dari masyarakat.

Pembenahan Inventaris Desa

Pembenahan Inventaris Desa

3. Pesantren Kilat + Buka bersama. Untuk pesantren kilat + bukber sendiri, dilaksanakan di SMP 1 Ampana Tete, selama sehari dengan sasaran Siswa/i dan guru SMP 1 Ampana Tete *yang pasti diadakannya saat bulan puasa. Program ini merupakan bagian dari bidang pendidikan dan direalisasikan pada tanggal 12 Juli 2013. Menu buka puasanya waktu itu macam-macam kue + macam-macam minuman dan semuanya enak-enak (yummy), dan semuanya disediakan oleh pihak sekolah *Sekolah tau saja kalo mahasiswa pada dasarnya kantongnya nge-pas :D ahahaha

Saya ingat saat kegiatan ini, ada seorang ibu guru yang meminta saya untuk membantunya menyiapkan menu buka puasa. Cara Ibu itu menyuruh saya seperti sudah lama kenal, saya pun membantunya mengangkat kue-kue dan minuman-minuman, sampai akhirnya si Ibu guru bilang gini : Anak KKN ya? Astaga De Maaf, ibu kira ibu pe murid (punya murid) *Weuhh Saya dikiranya murid situ , ANAK SMP Donk :D hahahaha. 

Hampir saya mau nanya gini ke Ibu guru: Ibu, ibu kira saya murid kelas berapa? Hahaha,..





4. Lanjut ke program kerja ke 3 yaitu pengajian. Sama seperti pesantren kilat + bukber, pengajian merupakan bagian dari bidang pendidikan. Sasaran dari pengajian merupakan ibu-ibu pkk dan masyarakat di desa Tete A. Sebenarnya target pelaksanaannya 5 kali, tapi jadwal berubah. Jadinya setiap taraweh selalu ada pengajian *dan saya sering bolos waktu itu, ckckck -_-



5. Penanaman TOGA. TOGA merupakan Tanaman Obat dan Keluarga *bukan Toga yang dipake buat wisudha'an. Penanaman TOGA ini memanfaatkan pekarangan yang ada di Kantor Desa. Untuk bibitnya sendiri diambil dari rumah-rumah warga, juga rumah kepala desa sendiri. Ada kunyit, jahe, cocor bebek, dan kawanannya *malas nyebut satu-satu :P





6Pembuatan Papan Batas Dusun, RT dan Nama Jalan . Saat melakukan observasi, kami tidak melihat adanya papan nama jalan di sepanjang jalan Desa Tete A, serta batas dusun dan RT. Karena itu kami memasukkannya sebagai program kerja kami di bagian lingkungan hidup.

Padahal yang mau difoto Pak Kades *Wayan ikutan nebeng :D

papan jalan, RT, dan batas dusun

Rajinnya :P *padahal cuma acting doank (nyengir)


Pemasangan papan nama jalan, batas dusun dan nama rt dibantu teman-teman dari posko Mantangisi dan Kordes Tete B





7. Pembuatan Papan Asri/ Hati PKK. Program ini juga merupakan bidang lingkungan hidup dan tawaran dari masyarakat. Masyarakat meminta dibuatkan papan asri/hati pkk di setiap rumah-rumah mereka (banyaknya kalo mau dibikinkan semua, mati muda -__-), meskipun mereka mengatakan dananya dari mereka tapi tawaran itu kami tolak mengingat banyaknya rumah-rumah di desa tersebut ( dan kami masih punya program kerja lain yang jumlahnya tidak sedikit). Akhirnya berdasarkan kesepakatan bersama, kami hanya akan membuat papan Asri sebanyak 5 buah, yang ditaruh di depan kantor desa, rumah ketua rt I, rt II, rt III, dan rt IV.






8. Sosialisasi Rumah Tropis. Tau kan yang dimaksud rumah Tropis? Ga tau? Sama saya juga begitu (hahaha). Program sosialisasi rumah tropis merupakan program kerja kordes saya yang seorang anak arsitek. Sosialisasinya pada waktu itu dengan cara membagikan brosur/selebaran yang berisi tentang penjelasan rumah tropis *Saya ga sempat baca isi brosurnya, karena itu saya kaga tau apa itu rumah tropis




9. Sosialisasi Hiv & Aids. Untuk sosialisasi hiv aids cara sosialisasinya sama dengan sosialisasi rumah tropis, yaitu menggunakan brosur. Isi brosurnya seputaran hiv & aids, *tidak pernah mau liat brosurnya lama-lama, gambarnya mengerikan -__-



10. Pelatihan Wirausaha (Kue Kering). Langsung ke dokumentasinya saja yo *cape ngetik penjelasannya :D




( Salah satu bentuk cobaan  saat puasa :D )

#bersambung (lagi dan lagi) ...

Komentar

  1. Hadir lagi di sini mba Nina.
    heihieie saya malah jadi ingat jaman saya KKN dahulu. Taun jadul sekitar 1995 gitu deh hiehiehie. Senangnya bisa kumpul dan berkarya di Desa. Oh ya mba Nina kebagian sebagai bendara posko ya. Waaa megang duit terus tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehh Kang Asep, halo Kang ^^.. Oh Kang Asep Kkn-nya tahun 95' *Udah lama ya Kang.

      Iya Kang, sy kebagian jadi bendahara posko.. Tiap hari pusing ngitungin duit, tapi lebih pusing lagi saat kas posko menipis :D hihihi

      Hapus
    2. saya dong KKN di abad yang lalu

      Hapus
    3. Mas Zach : Sudah Tua donk Mas. Hihihi

      Hapus
    4. Asskm mbak nina, bisa minta contoh proker nggak??

      Hapus
  2. Kyknya seru juga ya KKN... jauh gak dr rumah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas seru *tapi cukup sekali sja.. Hehehe

      Lumayan Jauh Mas. Ke tempat KKN saya butuh waktu 11 jam an dengan kecepatan normal (kendaraan).

      Hapus
    2. 11 jam? sama kayak Yogya-Jakarta deh

      Hapus
  3. salam metal buat kordesnya ya Mbak Nina..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Mas Zach ^^.. Meskipun keliatannya agak sangar, tapi dia baik Mas Zach. .

      Hapus
  4. Pengen kkn.... Masih lama heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti Ocha juga bakalan Kkn ko' (insha allah) ^_^. Ga bakalan terasa lama ko Cha, krna waktu cepat berputar :).

      Hapus
  5. Balasan
    1. Banyak Mas, desa-desa sebelah banyak yang cinlok, hehehe :D .. Tapi di posko kami ga ada yang cinlok :D

      Hapus
  6. wah kayaknya seneng ya mbak, banyak teman dan menambah pengalaman, kalau dilihat dari potonya semangat semua yah. kerennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Ia Mas,, saya banyak dapat teman baru ^_^.. Mas gimana kabarnya?

      Hapus
  7. Pelatihan wirausaha itu dananya yg nyediain siapa mba??

    BalasHapus
  8. wahh.. sepertinya seru dan bermanfaat y KKN nya :)

    BalasHapus
  9. wah menginspirasi.. mkasih ya kak^^

    BalasHapus
  10. terima kasih y mbak

    tulisan ny ngebantu bgt,,lagi cari inspirasi buat proker..
    pdahal kkn ny tinggal ngitung hari...

    BalasHapus
  11. terimakasih bgt mbak... ngebantu bgt nie. KKN di depan mata bgt..

    BalasHapus
  12. Saya lagi menjalani kkn ni kak, dan saya risau dengan programkak, karena belum tergambar jelas , itu gimana ya kak , boleh minta saran baiknya gimana kak.

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum. Kak, sebagai bendahara posko, tugasnya ngapain aja yah ? Kk ngebuat pencttan juga gitu ? Pencttannya seperti apa kak ? Tolong dijawab yah, trima kasih sblumnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada 'Kenangan' itu di Masa SMA Kita..

22 agustus, 2 bulan yang lalu adalah hari di mana aku bertemu denganmu lagi. Ya 'kau', kau yang pernah menjadi bagian termanis di masa SMA ku. Tak ada yang berubah dari dirimu, tingkahmu, suaramu, gaya bicaramu, dan senyummu masih sama seperti yang dulu.  Kembali mengingat 3 tahun yang lalu, bukan tapi 4 tahun yang lalu. Aku sudah menyukaimu sejak pertama melihatmu, mungkin itu yang dinamakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Melihatmu duduk di dalam sebuah ruang kelas, kelasmu yang juga menjadi kelasku. Kita sekelas, di kelas 11 Ipa itu. Ada yang menarik dari dirimu, senyummu (itu hal pertama yang membuatku tertarik padamu). Setelah itu Aku lebih tertarik pada kepribadianmu. Ku suka dengan kepribadianmu, kau yang tak merokok, yang terlihat rapi dengan seragam sekolah, yang terlihat tenang, yang senang mencatat, dan banyak hal tentangmu yang kusuka. Aku menyukaimu, rasa suka itu kemudian terus berkembang. Sehingga tidak hanya sekedar menyukaimu, tapi mencintaimu.

Stop Mengeluh, Terlalu Banyak Hal Yang Bisa Disyukuri

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Datang 2013 * Telat Ohh -_-' . Semoga di tahun ini kita bisa lebih baik lagi (harus) ^^. Untuk 2012, selamat tinggal. Terima kasih untuk 'pelajaran' yang berharga yang diberikan kepada kami. Lewat kebahagian, kesedihan, kesenangan, kesendirian maupun kegalauan (hehe). Saya minta maaf pada Desember lalu tiba-tiba menghilang begitu saja dari dunia perbloggeran. Tidak membalas komentar teman-teman ataupun blogwalking ke blog teman-teman semua. Banyak hal yang terjadi di luar dugaan saya, dan hal-hal itu menjadi berentetan satu sama lain. Sehingga memaksa saya untuk tidak ngeblog dan membuat kalian semua menjadi rindu *Maksa :D, dilarang protes ya :P Saya bingung harus menuliskan apa lagi dalam postingan ini. Otak saya sepertinya agak sedikit 'kaku' karena lebih dari sebulan tak digunakan untuk menulis di blog pribadi saya, atau mungkin saya yang tidak punya cerita untuk dibagikan hari ini. Tugas dan Uas (lagi-lagi), menghabisk