Galau dan Motivasi Diri

Posted by Nina Rizka Amalia Sabtu, 02 Juni 2012 25 komentar
Jumat kemarin (1/6) saya mengikuti kajian kemuslimahan yang rutin diadakan tiap 2 minggu sekali oleh LDF kampus saya,, yang bertemakan ‘merendung galau’ … #lagi lagi galau,,’kata galau memang lagi top topnya dan hangat hangatnya dibicarakan.. yang ga tau galau ‘kamseupay’ deh .. hihihi :D




Mbak Pematerinya mengatakan, ketika galau kita harus mencari ‘akar masalah’ dari kegalauan kita,. Apa yang menjadi penyebab sehingga galau itu menghampiri kita. Atau malah kita ga punya masalah, sehingga kita menjadi galau (nah lho??:D)…  Setelah kita mengetahui akarnya,, langsung deh dicabut (hihi ga segampang itu juga kale). Maksudnnya kita bisa mencari solusi terbaik untuk akar permasalahan yang membuat galau.

Katanya Galau juga punya sisi positif, misalnya ketika kita melakukan suatu ‘perbuatan yang tidak baik’, lalu setelah melakukannya kita merasa galau.. Karena perasaan galau itu, akhirnya kita menyesali perbuatan yang telah kita lakukan , bertobat kepada Allah dan berjanji kalau kita tidak akan mengulangi perbuatan kita lagi. Hmm Justru malah berbahaya ketika kita melakukan ‘perbuatan tidak baik’, tetapi kita tidak merasa galau..yang ada merasa biasa biasa aja (waduhh parah tuh).

So,, semua orang pastinya pernah merasakan kegalauan. Dari jaman dulu pun seperti itu.. Tapi dulu nama kerennya bukanlah galau,  cuma ‘rasanya’ sama seperti galau. :D

Sehingga ga ada yang salah ketika seseorang dilanda galau, karena itu hal yang wajar..# eitss Tapi jangan keseringan galau juga donk.. hehe

Ketika kita mengalami kegalauan, selain mencari akar permasalahnnya, menemukan solusi untuk akar permasalahan tersebut dan harus mampu meng up diri kita dari kegalauan tersebut, dengan cara memotivasi diri kita sendiri.. Yeahhh memotivasi diri sendiri juga merupakan sesuatu yang penting.

Waktu kajian kemarin , mbak pematerinya memberikan kuisioner untuk melihat termasuk golongan yang manakah diri kita sebenarnya.. apakah termasuk golongan orang yang kurang motivasi, mampu memotivasi diri sendiri, ataukah ternyata sang motivator untuk diri sendiri maupun orang lain. Isi kuisionernya akan saya paparkan, hanya 20 nomor ko’ (ngetiknya yang bikin tepar,, hehe),. Ini dia, kuisionernya :

1. Ketika bangun pagi apa yang paling sering kamu rasakan?
     a. Merasakan hari itu anda harus memiliki kegiatan
     b. Merasa banyak kegiatan pada hari itu
     c. Merasa bahwa tidur anda kurang
Nilai untuk tiap jawaban :  a =3, b = 5, c = 1

2. Seberapa sering kamu membuat dan mengevaluasi rencana hidupmu?
    a. Tidak menentu, tergantung kapan maunya.
    b. Setiap bulan atau setiap tahun.
    c. Setiap hari atau setiap pekan.
Nilai untuk tiap jawaban :  a =1, b = 3, c = 5

3. Siapa orang disekitar kamu yang paling berpengaruh (memotivasimu)?
    a. Relatif tidak ada.
    b. Orang tua
    c. Teman
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 1, c = 3

4. Jika kamu mengambil keputusan, kamu lebih banyak memutuskan dengan cara apa?
   a. Mengikuti apa kata hati nurani anda
   b. Selalu mengikuti pertimbangan orang lain
   c. Sering mengikuti pertimbangan orang lain
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 1, c = 3

5. Sering kali kamu bingung tentang apa yang harus kamu kerjakan hari ini?
  a. Sering
  b. Jarang
  c. Hampir tidak pernah
Nilai untuk tiap jawaban :  a =1, b = 3, c = 5

6. Apa kamu merasa kurang kreatif?
 a. Ya
 b. Relatif, tergantung dalam hal apa
 c. Tidak
Nilai untuk tiap jawaban :  a =1, b = 3, c = 5

7. Seringkah kamu mengalami perasaan bosan?
 a. Jarang
 b. Sering
 c. Hampir tidak pernah
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 3, c = 1

8. Waktu kamu banyak diatur oleh syapa?
 a. Diri sendiri
 b. Orang lain
 c. Relatif seimbang antara diri sendiri dengan orang lain
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 1, c = 3

9. Apakah kamu sering mencapai apa yang kamu inginkan?
 a. Sering
 b. Jarang
 c. Hampir selalu
Nilai untuk tiap jawaban :  a =3, b = 1, c = 5

10. Menurut kamu apakah sebagian keinginan kamu (cita cita) terlalu :
 a. Tinggi
 b. Rendah
 c. Biasa biasa aja
Nilai untuk tiap jawaban :  a =1, b = 5, c = 3

11. Menurut kamu apakah kamu termasuk orang yang tekun?
 a. Ya
 b. Tidak
 c. Kadang ya, kadang tidak
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 1, c = 3

12. Seberapa penting organisasi yang kamu masukin saat ini?
 a. Kurang penting
 b.Penting
 c. Sangat penting
Nilai untuk tiap jawaban :  a =1, b = 3, c = 5

13. Apakah kamu merasa fakultas / jurusan yang kamu pilih saat ini sesuai dengan potensi dan bakatmu?
 a. Ya
 b. Tidak
 c. Tidak tau
Nilai untuk tiap jawaban :  a =1, b = 3, c = 5

14. Dalam sepekan berapa jam rata rata kamu menonton TV?
 a. 0-7 jam
 b. 8-14 jam
 c. 15 jam lebih
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 3, c = 1

15. Seberapa penting menurut kamu kehadiran seorang motivator dalam hidupmu?
 a. Penting sekali
 b. Penting
 c. Kurang penting
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 3, c = 1

16. Menurut kamu seberapa sering kamu melanggar janji dengan orang lain?
 a. Sering
 b. Jarang
 c. Hampir tidak pernah
Nilai untuk tiap jawaban :  a =1, b = 3, c = 5

17. Pada saat kapan kamu merasa sering tidak bersemangat?
 a. Pada saat lingkungan membosankan
 b. Pada saat merasa lelah
 c. Pada saat merasa gagal
Nilai untuk tiap jawaban :  a =1, b = 5, c = 3

18. Bagaimana kamu melihat masa depan?
 a. Cerah
 b. Tidak
 c. Tidak tau
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 1, c = 3

19. Apa kamu merasa sukset pada saat ini?
 a. Ya
 b. Tidak
 c. Relatif, tergantung situasi
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 1, c = 3

20.Menurut kamu apakah kamu termasuk orang yang mampu memotivasi diri sendiri?
 a. Ya
 b. Tidak
 c. Relatif, tergantung situasi
Nilai untuk tiap jawaban :  a =5, b = 1, c = 3

Jika nilai Anda :
15 – 43 : Anda termasuk orang yang kurang dimotivasi dan memotivasi diri sendiri, tidak bersemangat dalam menajalani hari, kurang tekun dan biasa menunda nunda pekerjaan. Orang seperti ini sangat perlu diberikan motivasi dalam hidupnya.

44 – 72 : Tergolong orang orang yang berada dalam batas normal. Artinya mampu memotivasi diri sendiri dalam kondisi tertentu. Tergantung mood. Bisa jadi orang yang berada pada posisi ini akan naik ke titik  yang lebih tinggi, atau malah bisa jadi turun.. Sehingga tetap membutuhkan orang yang memotivasi dirinya.

73 – 100 : Ini dya sang motivator.. Mampu menjadi motivator untuk diri sendiri maupun orang lain.. Yahh tipe tipe pak Mario Teguh.. :D hehe

Termasuk kategori yang manakah Anda?? Selamat mencoba…
Jangan lupa kertas, pensil sama kalkulatornya (lagi ujian yahh :D )
Eitss Jangan saling nyontek yahh teman teman,, hehehe




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Galau dan Motivasi Diri
Ditulis oleh Nina Rizka Amalia
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ninarizka.blogspot.com/2012/06/galau-dan-motivasi-diri.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

25 komentar:

Cerita Tentang Dunia mengatakan...

galau memang lagi jadi trending dimana mana, salam kenal sist, kunjungan perdana :D

fajar p mengatakan...

galau ya mbak, mending jangan diterima bila dia datang bilang aja

"maaftuan rumahnya lagi sibuk lain kali aja!".
tapi kalau udah keburu datang kan mobil UGD siap membantu heheh.... :)

nina amalia kasim mengatakan...

yuppi,, galau lagi naik daun.. hihi :D
Makasih buat kunjungannya yahh .. salam kenal balik :)

nina amalia kasim mengatakan...

udah saya bilangin ko sama 'si galau' kalau mau mampir jangan sekarang.. Soalnya saya lagi sibuk..
Mampirnya k kamu aja,, hihi :D

Arriyadh Prayugo mengatakan...

lagi nyiapin pensil sama pena nih. mau ikut ujian motivator. :D btw poin untuk no 19 dan 20 berapa ya mbak ? :-D

nina amalia kasim mengatakan...

ga perhatiin kalau yg nmor 19 dan 20 ga ada poinnya.. soalnya semalam ngetiknya udah nganntuk,,hihi
Tapi udah ada ko.. silahkan liat, jangan lupa pake kalkulator yah.. hehe

Makasih kunjungannya.. :)

Arriyadh Prayugo mengatakan...

uyee... nilaiku 81. wah kayaknya jadi saingannya pak Mario nih :-D

nina amalia kasim mengatakan...

Wuihh mantap dah :D
nanti sering sering kasih motivasi aku yahh,, hehe

fajar p mengatakan...

maaf mbak tapi rumah saya lagi penuh
dengan orang2
apa lagi :

kemarin paman datang
pamanku dari desa
dibawakannya rambutan pisang
dan sayur mayur segala rupa
bercerita paman
tentang ternaknya
berkembang biak semua
padaku paman berjanji
mengajakku libur desa
hatiku riang tidak terkira

jadi mohon maaf galaunya cari tempat lain ya !
:)

Madjongke mengatakan...

Hehehe. Q type pak mario nih. Lumayan

NF mengatakan...

wah nilaiku masuk ke tergantung mood, emang moody-an sih :P

diniehz mengatakan...

Saya sang motivator *sombong* :p

nina amalia kasim mengatakan...

Wuihh Suara kamu bagus fajar #hihi :D

Udah jarang dengar anak anak kecil sekarang nyanyiin lagu itu,, yang ada nyanyinya lagu 'alamat palsu'..# kasian kecil kecil udah disuruh nyari alamat.. :D haha

Iyya 'galau' nya suruh cari tempat yang lain aja..:)

nina amalia kasim mengatakan...

Selamat dahh.. :D
Smoga bisa terkenal seperti pak mario. :) hehe

nina amalia kasim mengatakan...

Sama donk ... :D

nina amalia kasim mengatakan...

Mbak dini teguh .. Super sekali.. hihi :D

Uzay ^,^ mengatakan...

bener banget gw juga moodyan hehe..

nina amalia kasim mengatakan...

Sama ama aku # tos bang :D

kakve_santi mengatakan...

poin saya 66 saja.. :D

saya orang biasa biasa saja.. :D

A. Y. Indrayana mengatakan...

Wah temanya sama dengan postinganku di blog juga :D


Salam ..

A. Y. Indrayana mengatakan...

Semangat Galau ... !!!

Madhek mengatakan...

Yang jelas gue type pekerja keras, dan pengen terus maju ... :)

nina amalia kasim mengatakan...

Kan galaunya lagi naik daun .. hihi :D
jadi ga heran ada di mana mana...hehe

nina amalia kasim mengatakan...

Mantapp.. :)
maju terus pantang mundur yahh ^^

replika angan - angan mengatakan...

Type yang ke-2. :)

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of 'Dunia Kecilku'.