Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat HIV AIDS

Assalamualaikum Wr.wb

Pada hari jumat malam (5/12/14) saya menonton tayangan Kick Andy di Metro Tv berjudul "Jangan Kucilkan Mereka" yang membahas mengenai para ODHA. ODHA (Orang yang hidup dengan HIV) merupakan sebutan bagi orang-orang yang positif terinfeksi HIV AIDS. Saya pun menjadi tertarik untuk membuat tulisan mengenai HIV AIDS.



(Sumber Pic : klik di sini)
Apa itu HIV? 
HIV (Human Immune Deficiency Syndrome) merupakan virus yang menyerang sel CD4 dan menjadikannya berkembang biak, kemudian merusaknya sehingga tidak dapat digunakan lagi. 
CD4 adalah satu jenis sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga jika jumlahnya berkurang maka sistem kekebalan tubuh kita menjadi lemah untuk melawan infeksi. Jumlah normal CD4 pada orang sehat berkisar antara 500-1500. Jumlah sel CD4 dapat diketahui dengan melakukan tes darah khusus yang disebut tes CD4.
Di saat seseorang terinfeksi HIV, maka semakin banyak sel CD4 yang akan dibunuh oleh HIV saat menggandakan diri dalam tubuh manusia. Sehingga akan mengakibatkan jumlah sel CD4 menjadi semakin berkurang atau rendah. Hal inilah yang akan membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lemah. WHO atau badan kesehatan dunia meggolongkan virus HIV ke dalam 4 sistem, yaitu : Stadium 1 tanpa gejala, stadium 2 penyakit ringan, stadium 3 penyakit lanjutan, dan stadium 4 peyakit berat

Apa itu AIDS?
AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome), acquired berarti didapat bukan keturunan, immune berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, deficiency yaitu kekurangan, dan syndrome adalah penyakit dengan gejala, bukan gelaja tertentu. Sehingga AIDS diartikan sebagai kumpulan gejala akibat kekurangan/kelemahan sistem kekebalan tubuh yang dibentuk setelah kita lahir
AIDS disebabkan oleh virus HIV yang menyerang sel CD4 tubuh manusia. Jika Sel CD4 kurang atau di bawah dari 200, maka seseorang sudah sampai pada tahapan AIDS. Sehingga sesorang yang terinfeksi virus HIV belum tentu AIDS. AIDS akan terjadi ketika sel CD4 seseorang sudah berada di bawah 200.

Lalu Bagaimana Seseorang Terinfeksi HIV&AIDS?

Seseorang terinfeksi HIV tentunya ditularkan dari orang yang sudah terinfeksi HIV. Cara penularan HIV yaitu sebagai berikut :

  1. HIV dapat menular melalui transfusi darah yang mengandung HIV. Untuk itu, darah yang didonorkan harusnya diskrining oleh Palang Merah Indonesia, sehingga risiko terinfeksi HIV melalui transfusi darah menjadi rendah atau bahkan nol. 
  2. Melalui penggunaan jarum suntik atau alat tusuk lainnya seperti alat tato, tindik yang dipakai secara bergantian/bergilir yang telah terkontaminasi darah penderita HIV.
  3. Pada saat berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi HIV.
  4. HIV dapat menular pada bayi saat kehamilan, kelahiran bahkan menyusui.
Namun, HIV dan AIDS tidak akan menular dikarenakan :
  1. Hidup serumah dengan penderita AIDS. 
  2. Bersentuhan dengan penderita
  3. Berjabat tangan
  4. Bersentuhan dengan barang atau pakaian bekas penderita
  5. Berciuman pipi dengan penderita
  6. Melalui alat makan dan minum
  7. Gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Dikarenakan virus HIV hanya terinfeksi pada manusia.
Cara Pencegahan HIV&AIDS
  1. Jangan melakukan seks bebas/ gonta ganti pasangan. 
  2. Jangan menggunakan narkoba. Narkoba dengan jarum suntik sangat rentan menularkan HIV.
  3. Pastikan bahwa darah yang akan ditransfusi bebas dari kontaminasi virus HIV
Kembali ke tayangan kick andy pada jumat malam, kick andy menghadirkan Ibu Hartini yang merupakan seorang ODHA. Ibu Hartini merupakan contoh dari seorang ODHA yang memiliki semangat hidup luar biasa. Ibu Hartini bahkan aktif d kelompok-kelompok/ lembaga yang berkaitan dengan HIV, itu hal yang sangat positif menurut saya #Jempol Buat Ibu. Ibu Hartini mendapatkan virus HIV tersebut dari salah seorang mantan suaminya. Kemudian, Ibu Hartini menikah lagi dengan seorang laki-laki yang bukan ODHA atau tidak terinfeksi HIV AIDS #I'm Speechles. Bukannya itu hal yang berisiko? Ya memang hal itu sangat berisiko. Karena bisa saja virus itu akan ditularkan ke pasangannya. Hal yang membuat saya kembali speechles dikarenakan Ibu Hartini telah hamil dan melahirkan anak yang negatif terinfeksi HIV, yang menjadi pertanyaan saya "kok bisa anak Ibu Hartini tidak terinfeksi HIV"? Padahal Ibu Hartini merupakan seorang ODHA. Ternyata pengetahuan saya sangat kurang mengenai HIV AIDS -_-. 


(Sumber Pic : klik di sini)

Seorang ODHA bisa menikah dengan orang yang tidak terinfeksi HIV dan memiliki keturunan yang sehat. Seperti dilansir dalam berita detik.com seorang Odha bernama Yan Michael (36) tahun telah memiliki 2 anak yang sehat (tidak terinfeksi HIV) dan istri tetap negatif HIV. Namun, banyak hal yang mesti diketahui, dipelajari, didiskusikan serta dikonsultasikan dengan ahlinya (misalnya seorang dokter) untuk memperoleh keturunan yang sehat dan pasangan tetap negatif HIV (tidak terinfeksi HIV). Untuk info lebih lengkap mengenai memperoleh keturunan sehat bagi seorang ODHA yang menikah dengan pasangan non ODHA dapat di lihat d web Yayasan Spiritia, karena menurut saya isi blognya sangat lengkap membahas mengenai HIV AIDS. Jika saya jelaskan di sini penjelasannya akan panjang. Dan alasan lainnya saya juga belum menikah (nyengir) #harap dimaklumi. 

 "Jauhi penyakit HIV AIDS, namun jangan kucilkan orangnya"
Karena belum tentu kita yang sehat memiliki umur yang lebih panjang dibanding orang yang terinfeksi HIV. Soal ajal hanya Allah Swt yang mengetahui. 
Untuk teman-teman yang ingin menyaksikan tayangan kick andy agar mengetahui versi lengkapnya mengenai topik ini, bisa download videonya di sini : Jangan Kucilkan MerekaSekian tulisan saya mengenai mengenal lebih jauh HIV AIDS, semoga bermanfaat. 

Wassalamualaikum Wr.wb

Sumber :
https://hanifatunnisaa.wordpress.com/2012/08/24/definisi-sejarah-gejala-cara-penularan-dan-pencegahan-penyakit-hiv-aids/
http://spiritia.or.id/art/bacaart.php?artno=1001
http://health.detik.com/read/2012/12/05/140524/2110030/775/2/menikah-dan-punya-anak-dengan-pengidap-hiv-siapa-takut

Komentar

  1. Waaa menghilang kemana aja mba Nina. Hiehiehihee. Sudah lama kami menantikan mba Nina kembali ke dunia maya hiheihiee Kita sudah lama nungguin mba hiheihiee. Welcome welcome

    BalasHapus
  2. Saya perna liat mba Nina di TV swasta. Sata lupa TV apa itu. Jadi panitia pengumpulan dana buat saudara kita di Palestina. Kalau nda salah liat sih, itu mba Nina. Benarkah?

    BalasHapus
  3. Kang Asep : Apa kabar Kang? Lama tak bersua :D. Saya baru bebas dari tugas akhir Kang, makanya baru punya waktu buat ngeblog lagi.

    Hehehe Kang Asep salah liat, waktu itu saya ga sempat ikut kgiatan penggalangan dana buat saudara kita di Palestina.

    BalasHapus
  4. Yup.. ODHA memang gak boleh di kucilkan.
    Dan moga masyrkt kita lebih care lagi ya mbak :)

    BalasHapus
  5. Memang, sih, hukuman paling berat bagi orang-orang seperti penderita AIDS ini adalah hukuman sosial dari masyarakat. Dikucilkan akan membuat mereka depresi dan melakukan hal-hal bodoh. Padahal banyak dari mereka justru mempunyai semangat yang lebih besar daripada orang-orang sehat dalam mensosialisasikan betapa bahayanya AIDS, mereka tidak ingin orang lain merasakan apa yang menimpa mereka. Saya yakin seperti itu.

    BalasHapus
  6. Mas Budi : Dengan penayangan para ODHA di Kick Andy, saya yakin banyak masyarakat yang akhirnya menghilangkan stigma negatif mengenai para ODHA. Karena kita mengetahui tidak ada satupun orang yang menginginkan penyakit tersebut.


    Mas Rudy : Iya Mas Rudy, contohnya Ibu Hartini, punya semangat luar biasa. Beliau aktif dalam beberapa lembaga yang mensosialisasikan bahaya AIDS. Hal itu dilakukannya karena tidak ingin, ada lagi orang lain yang terinfeksi HIV.

    BalasHapus
  7. Thanks for sharing. Kebetulan pacarku ODHA, dan banyak juga temanku yang ODHA. Hari AIDS sedunia memang waktu yang tepat untuk berbagi informasi baik tentang HIV/AIDS agar lebih banyak lagi orang yang open minded dan gak lagi anggap AIDS sebagai "kutukan" :)

    BalasHapus
  8. Indi : Iya, seorang ODHA ga seharusnya dijauhi ataupun dikucilkan, cukup perlakukan mereka seperti orang biasa. Karena perlakuan khusus terkadang bikin seseorang menjadi risih. Saya tau rasanya, karena saya punya kekurangan fisik, dan saya tidak ingin diperlakukan berbeda :)

    Mika kan? Saya sudah baca novelnya dan nonton filmnya. Mika sosok yang baik ya :).

    BalasHapus
  9. wah terimakasih info yang sangat bermanfaat ... sangat berbahaya sekali ya penyakit hiv dan aids ini

    BalasHapus
  10. kereen sekali post nya .. bagaimana dengan ludahnya ? apakah berbahaya ?

    BalasHapus
  11. wah lengkap banget, mulai dari definisi, penebab dan cara mencegahnya. dan yang paling penting "jangan kucilkan mereka" , luar biasa :D

    BalasHapus
  12. "Jangan Kucilkan Mereka" Karena para ODHA juga Manusia. PR bagi kita bersama yaitu benar-benar tidak mengucilkan mereka. namun disisi lain tingkat kekhawatiran yang melanda masyarakat awam ketika mendengar hiv aids sangat tinggi. kasus parahnya terkait para odha ketika mereka merasa hidup sendiri dan ingin menghabiskan waktu dengan pelampiasan, ataupun hasrat balas dendam itu sangat bahaya. pernah baca lupa postingnya sapa, para odha wanita yang berkeliaran mencari si-idung belang dengan niat 'menularkan penyakitnya dengan cara berhubungan intim' barang kali disatu sisi kita akan bicara biar tau rasa itu si-idung belang, tapi disisi lainnya kalau hal itu banyak tersebar bahkan jadi virus baru, yah sobat nggak usah pake bayangin deh 'sungguh mengerikan' - nice posting sebagai wawasan tentang hiv aids "BPI"

    BalasHapus
  13. Sampai sekarang banyak sekali penderita HIV-AIDS yang didiskriminasikan di daerahnya sist. Harusnya setiap daerah bisa memberikan pengetahuan dan penyuluhan terkait aids, karena tidak semua perilaku bisa menyebabkan orang lain tertular penyakit ini kan. Nice sharing sist ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stop Mengeluh, Terlalu Banyak Hal Yang Bisa Disyukuri

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Datang 2013 * Telat Ohh -_-' . Semoga di tahun ini kita bisa lebih baik lagi (harus) ^^. Untuk 2012, selamat tinggal. Terima kasih untuk 'pelajaran' yang berharga yang diberikan kepada kami. Lewat kebahagian, kesedihan, kesenangan, kesendirian maupun kegalauan (hehe). Saya minta maaf pada Desember lalu tiba-tiba menghilang begitu saja dari dunia perbloggeran. Tidak membalas komentar teman-teman ataupun blogwalking ke blog teman-teman semua. Banyak hal yang terjadi di luar dugaan saya, dan hal-hal itu menjadi berentetan satu sama lain. Sehingga memaksa saya untuk tidak ngeblog dan membuat kalian semua menjadi rindu *Maksa :D, dilarang protes ya :P Saya bingung harus menuliskan apa lagi dalam postingan ini. Otak saya sepertinya agak sedikit 'kaku' karena lebih dari sebulan tak digunakan untuk menulis di blog pribadi saya, atau mungkin saya yang tidak punya cerita untuk dibagikan hari ini. Tugas dan Uas (lagi-lagi), menghabisk

Proker KKN-ku

Lanjutan... Tanggal 10 Juli 2013 , merupakan tanggal pertama di mulainya program kerja kami.. Sebelum masuk ke program kerja, saya ingin memperkenalkan dan memperlihatkan teman-teman posko  saya *para Rangers :D Ansar ' Teknik Arsitek 2009 (Koordinator Desa) Adin 'Manajemen 2010 (Koordinator Kecamatan) Uci 'Agribisnis 2010 (Sekretaris Posko)  Saya Sendiri :D' Akuntansi 2010 (Bendahara Posko) Amed' Peternakan 2009  Wayan' Fisip Antropologi 2010 Sudah perkenalannya kan? :D.. Lanjut program kerja.  Adapun program-program kerja yang kami punya, yaitu : 1. Baksos (Bakti Sosial) . Merupakan program kerja yang pertama kali dilaksanakan. Targetan dari baksos yaitu 3 kali, dan sasarannya Mesjid sama lapangan bola yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an. 2.  Pembenahan Inventaris Desa . Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja di bagian ekonomi. Pembenahan inventaris desa merupakan program

Postingan Singkat

Assalamualaikum Wr.Wb. Pertamanya saya mau mengoreksi postingan saya yang sebelumnya tentang sesuatu yang saya sebut banner, saya lupa kalau itu namanya Header (hahaha). Ga tau kenapa pikiran saya sebelumnya menyebut itu banner *lagi ga fokus sepertinya. Untung kakak saya mengoreksi saya dengan mengatakan kalau itu Header *meskipun ngasih taunya lambat. Jadinya saya keburu malu duluan (hihihi). Maap ya, namanya juga manusia ada salah sama khilapnya ^^. Oke Sekarang saya lagi duduk manis menyaksikan pertandingan Sepak Bola AFF antara Timnas Indonesia dengan Timnas Malaysia. Bersama dengan keluarga saya (komplit) ditemani dengan cemilan-cemilan, supaya lebih enak nontonya. :D Wuahh masih babak awal sudah begitu seruu.. Jadi saya ingin serius dalam menontonnya. Saya akhiri postingan saya kali ini.  Semangat untuk Timnas Indonesia, "Menangkan Indonesia Ya Allah " *Doa ala Baim cilik. Ayo Indonesia, Pasti Bisa !! Wassalamualaikum Wr.Wb