PRA KKN (KULIAH KERJA NYATA)

Posted by Nina Rizka Amalia Selasa, 24 September 2013 8 komentar
 Assalamualaikum Wr.wb


          1,2,3,4,5. Lima bulan sudah blog ini nganggur, ga ada tulisan baru dan ga ada aktivitas apa-apa, *sungguh Pemilik yang tidak bertanggung jawab -__-.

5 bulan kemarin saya ke mana? Mei – Juni sibuk sama urusan kampus ; kerja tugas kuliah, uts, uas. Juli – September saya mengikuti Kuliah Kerja Nyata atau yang disingkat dengan KKN. KKN merupakan salah satu program yang wajib diambil oleh mahasiswa tingkat atas (sebut saja tua), yang memiliki bobot 4 sks sebagai syarat untuk bisa wisudha. Jadi ga akan ada yang namanya wisudha kalo ga ikut KKN * jangan lupa PROPOSAL sama SKRIPSI juga syarat penting buat bisa wisudha

KKN untuk bulan Juli – September diikuti oleh 1.800 lebih mahasiswa/i yang berasal dari hampir semua fakultas dan jurusan yang ada di Kampus saya *Jumlah yang sangat banyak. Kebanyakan merupakan mahasiswa/i angkatan 2010. KKN yang saya ikuti merupakan KKN angkatan ke - 67.


Untuk Akuntansi sendiri, hampir seluruh mahasiswanya turun KKN. Hanya kurang dari 10 (kalau saya tidak salah hitung) mahasiswa yang belum memprogram KKN, dikarenakan masih ada mata kuliah, terlibat dalam organisasi kampus, dan belum mau karena masih asyik dengan suasana kampus.

KKN tidak seperti mata kuliah, yang menerima pelajaran dalam kelas dan hanya ada interaksi antara mahasiswa dan dosen ataupun mahasiswa dengan mahasiswa. KKN merupakan proses pembelajaran mahasiswa di masyarakat dan bagaimana mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari (kampus) dalam lingkungan masyarakatdi mana ditempatkan (lokasi KKN).

Setelah pembekalan selama 4 hari, selanjutnya pengumuman penentuan penempatan lokasi KKN. Untuk lokasi KKN sendiri, ada yang di sekitaran kampus (tersebar di hampir semua fakultas), di kampus nonreg, Sigi, Pantai Barat, Ampana, dan Luwuk. Ampana dan Luwuk merupakan 2 lokasi yang paling jauh dari semua lokasi KKN. Pengumuman penempatan lokasi tidak diumumkan secara verbal, melainkan di beberapa lembar kertas yang ditempelkan di pintu dan jendela-jendela gedung auditorium. Jadilah pada hari pengumuman penempatan lokasi pada jam setengah 6 sore, banyak sekali mahasiswa yang berdatangan di gedung auditorium. 

Desak-desakkan depan pintu dan jendela demi melihat di mana mereka di tempatkan (termasuk saya).  Selama berdesak-desakan, jadi susah napas, keringatan, dan hal-hal tidak enak lainnya *Sistem pengumuman yang salah. Usulan saya untuk KKN berikutnya, sebaiknya penempatan lokasi kkn di umumkan lewat website kampus saja. Jadinya enak, ga ada yang namanya desak-desakan. Karena bisa melihat pengumuman d rumah dan P2wkkn juga bisa hemat kertas *fasilitas internet d kampus bisa dimanfaatkan, jangan cuma dipake buat fesbuk sma twitteran

Saya dan sahabat saya kartika mulai mencari nama kami di jendela satu ke jendela lainnya, pintu satu ke pintu lainnya *ini yang namanya berdesakkan secara berpindah-pindah. Di jendela pertama yang kami datangi yaitu lokasi sigi, untuk nama ‘Nina Rizka Amalia dan Kartika Sari’ tidak ada, itu artinya lokasi kami bukan di sigi. Kami ke jendela berikutnya, yaitu pantai barat, sama di situ juga tidak ada. Habis itu kami pindah lagi ke salah satu pintu yang ada pengumuman penempatan yaitu dengan lokasi kampus, di situ juga tidak ada dan Luwuk juga tidak. Jadi hanya tersisa satu lokasi lagi yaitu Ampana.

Karena banyaknya mahasiswa yang berpostur tinggi berdiri di depan pintu kertas pengumuman yang bertuliskan Ampana, jadinya kami tidak bisa melihat nama kami. *Sudah tinggi berdirinya depan pintu lagi, kasiannya yang kecil-kecil seperti saya ini.

Dengan bantuan teman kami yang mengikhlaskan dirinya buat berdesak-desakan di depan pintu lokasi Ampana (makasih sandy ^^), kami akhirnya tau di mana kami di tempatkan. Saya dan kartika sama-sama di tempatkan di Ampana (hore), dengan kecamatan yang juga sama (hore), tetapi desa berbeda (yahh). Kami di tempatkan di Ampana Kecamatan Ampana Tete, Kartika di desa Pusungi dan saya di desa Tete A.

Desa kami bertetangga, sehingga kami masih bisa bertemu. Di Ampana Tete terdapat 16 desa, tetapi hanya 12 desa saja yang dijadikan lokasi KKN. Banyak juga teman-teman kelas saya selain kartika yang mendapatkan lokasi di Ampana Tete. Sementara sahabat saya yang satunya lagi ‘Dea’ ditempatkan di Ampana Kota. Pukul 8 malam kami masih berada di kampus, karena masih penasaran dengan nama-nama yang akan menjadi teman kami di lokasi KKN nantinya. Alhamdulillah depan pintu lokasi Ampana sudah tidak terlalu banyak orang, setidaknya yang posturnya tinggi sudah tidak ada. Jadinya saya sama kartika bisa melihat kertas pengumuman tersebut. Satu lokasi terdiri dari 5-7 mahasiswa. Untuk lokasi saya terdapat 7 mahasiswa (termasuk saya). Saat melihat nama-nama dan jurusan mereka, hampir semuanya tidak saya kenal. Kecuali satu orang, anak ekonomi juga jurusan manajemen. Sementara yang lainnya dari tehnik arsitek, peternakan, agribisnis, dan fisip antropologi. Dalam pikiran saya pada saat itu, bagaimana sifat-sifat dari teman lokasi saya, orang-orang yang akan ‘hidup’ dengan saya selama 2 bulan ke depan. Apa kami bisa berteman, apakah suasananya akan nyaman dan enak? Pertanyaan-pertanyaan itu berputar-putar di kepala saya *Untungnya tidak pusing, ahaha

Selama hampir 3 tahun saya SELALU bersama teman-teman di akuntansi (terutama kartika), dan kami harus berpisah untuk waktu 2 bulan. Bukan hanya itu, saya juga harus berpisah dengan keluarga saya, tidak bisa bertemu mereka untuk 2 bulan ke depan karena jarak Palu-Ampana yang lumayan jauh. Huaaa Saya yang sebelumnya tidak pernah pergi jauh-jauh sendirian, mau tak mau tetap harus ikut KKN (demi masa depan). *Berasa mau nangis waktu itu. Ckckck

#BERSAMBUNG....
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PRA KKN (KULIAH KERJA NYATA)
Ditulis oleh Nina Rizka Amalia
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ninarizka.blogspot.com/2013/09/pra-kkn-kuliah-kerja-nyata.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

8 komentar:

zachflazz mengatakan...

haloo apa kabaaarrrr Mbak Ninaaa? Mas Rudy baik loh kabarnya. ehh..

Agus Setya mengatakan...

balik kemana mas ? baik ke kandang apa ke kucing ?

nina rizka amalia mengatakan...

Mas Zach : Lama tak jumpa Mas Zach,, alhamdulillah baik . Arin sama agree gmana kabarnya Mas Zach? *Bapaknya ga usah ditanyain, hehe :D

Mas Agus : balik ke Kandang Macan Mas :D

zachflazz mengatakan...

Arien belum lama ini ikut olympiade matematika di Singapore, dapet juara 4. Alhamdulillaah. Cuma dia masih sekuler, belum se-shalih adeknya.

nina rizka amalia mengatakan...

Si Arien makin pintar (y), sukses terus buat Arien Mas.. Mungkin nanti Arien bisa se shalih Agree, amiin. Mas Zach punya anak-anak yang hebat (y).

Reo Adam mengatakan...

ini sih materi anak kuliahan...
saya nyimak aja lah,wong saya kuli beneran :D

nina rizka amalia mengatakan...

Hehehe, jangan cuma disimak, dikoment jg Bang Reo :D

Didi Kadri mengatakan...

Wah baru baca ni blog ...
kebetulan sy ank FKIP, juga KKN/PPLt 67 di Ampana, tp Ampana Kota tahun 2013
puasa n lebaran di kampung org itu loh yg luar biasa ... moga semua teman2 KKN-PI ang. 67 tahun 2013 sukses selalu :) ...

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of 'Dunia Kecilku'.