Langsung ke konten utama

Awal KKN-ku

Lanjutan ...

Mulai sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibawa untuk menjalani hidup di kampung orang :D. Sibuk  nyiapin ini, itu, melihat daftar list barang-barang yang akan dibawa dan mencentang list barang yang sudah ada *Pokognya hari itu judulnya ribet

Malam terakhir di rumah, saya puas-puasin diri tidur di kasur sama mama :D *dua bulan dua bulan. 

Besoknya, tanggal 04 Juli 2013 pukul 21:00 merupakan jadwal keberangkatan Ampana (Kota, Tojo (sebagian), dan Tt).Kami berangkat menggunakan Bus. Keberangkatan menuju lokasi KKN tidak dilakukan serempak. Untuk daerah Luwuk sudah berangkat lebih dulu (jam 11 siang), pantai barat pada tanggal 6, sementara untuk lokasi yang lain saya tidak tau menau *nyengir

Banyak teman-teman (yang mendapatkan lokasi kkn di kampus) datang ke gedung rektorat (tempat di mana kami mulai start untuk pergi) untuk bertemu kami, mengucapkan salam perpisahan dan pelukan pepisahan.

Terdapat 5-6 bus yang akan mengantarkan mahasiswa KKN tujuan Ampana. Saya pun duduk manis dalam bus, di samping kartika. Keluarga saya (mama, papa, kk, tante, spupu) dan teman-teman saya berdiri di  samping bus ingin melihat kepergian kami. Suasana mulai terasa lain saat bus mulai dihidupkan dan dijalankan sepertinya ada yang panas akan keluar dari mata saya *saya menangis pemirsaaaa,  wajar kan? ahaha

Akhirnya tiba juga di Ampana Tete (pukul 13:00 05 Juli 2013) . Kami diturunkan di Kantor Camat Ampana Tete dan langsung disambut oleh kepala desa masing-masing *Di sinilah perpisahan saya dengan kartika.

Turun dari bus saya pun langsung bergabung dengan teman posko saya, Ketua RT 1 desa Tete A menjemput kami dan mengantarkan kami di Kantor desa Tete A (sebelum dibawa ke posko). Perkenalan sama aparat desa, memaksakan diri untuk tersenyum dan berbicara dengan mereka *padahal keadaan badan masih sangat capek, saya butuh mandi dan istirahat 

15 menitan di Kantor Desa, kami pun diantarkan ke posko kami. Posko kami merupakan rumah warga, rumahnya bagus, lumayan luas, dengan lantai tehel. Dua tempat yang saya pikirkan saat tiba di posko yaitu, kamar tidur sama kamar mandi. *Dua tempat itu yang benar-benar saya butuhkan saat itu,.

posko tete a
(Poskoku)


Karena melihat wajah-wajah kami yang sudah lesu dan kusam, akhirnya kami (para wanita) diantarkan ke kamar tidur *Horeee

Dimulailah kehidupan saya di tempat baru, lingkungan baru dengan orang-orang baru. Saya memulai hidup baru (untuk 2 bulan ke depan). Rumah yang menjadi posko kami dihuni oleh 7 orang yang terdiri dari bapak, ibu, ke 3 anaknya dan 2 keponakan. Ditambah kami 6 orang, jadi jumlah seluruhnya 13 orang. *Banyaknyo :O

Selama seminggu pertama yang kami lakukan adalah observasi, di mana observasi bertujuan untuk menemukan masalah-masalah yang ada di desa tersebut. Selama Observasi kami berjalan-jalan ke rumah warga dan ke sekolah-sekolah yang ada di sana. Berhubung desa Tete A berada di Kecamatan Ampana Tete sendiri dan jaraknya tidak begitu jauh dari perkotaan, maka masyarakatnya tergolong sudah modern.

Akhirnya selama seminggu observasi, kami menyusun program kerja yang nantinya akan kami jalankan/realisasikan di desa tersebut selama 2 bulan ke depan, yang terdiri dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan hidup, sosial budaya dan agama, teknologi tepat guna, dan olahraga.

Dari ke-7 bidang tersebut, terbentuklah 16 program kerja (weuh banyak). Tetapi 16 program kerja tersebut belumlah fix, karena kami harus mengadakan Lokdes (lokakarya desa) yang akan dihadiri oleh masyarakat desa tersebut. Tujuan lokdes yaitu untuk menyampaikan dan meminta saran serta persetujuan masyarakat atas program-program kerja yang telah kami susun. Saat lokdes, program kerja kami ada yang dirubah dan juga ditambahkan. 


(Lokakarya Desa)


Hasil Lokdes (09 Juli 2013) menyimpulkan, kami memiliki 21 program kerja untuk direalisasikan di desa tersebut. Haa 21? hampir gila pas dengarnya -__- *Ini namanya PR berat (sangat berat). 

Di saat posko-posko lain hanya memiliki program kerja yang berjumlah belasan saja, kami harus menyelesaikan 20 program kerja, mana di desa orang lagi *Tolong kami Tuhan (pasang ekspresi sedih)

#Bersambung (lagi) ...


Komentar

  1. saya juga nangis nih, mbak... nangis baca ada 21 program kerja. apa nggak puyeng tuh mikirin kapan selesainya? jangan-jangan bakalan tinggal menetap di desa itu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn2 itu memang "doanya" pnduduk situ, kn seneng ada cewek cantik2 di situ, wahahaha...

      #kabur_duluan_ah,

      Hapus
    2. kalau puyeng mendingan di diskusikan dulu mas bud, siapa tahu nanti cinlok, hehehehe
      bukan cilok lho ya

      Hapus
    3. Mas Budy : Jangan nangis Mas, Hahaha.. Kknnya juga sudah selesai ko' dari September kemarin, dan semua program kerjanya alhamdulillah terlaksana

      Mas Pri : Bisa jadi bisa jadi *Ehh :D

      Mas Agus : Mending Cilok Mas, enak soalnya :D hehe

      Hapus
  2. KKN lagi....suer sayah mah gak ngerti :D
    ah cuek aja....yg penting datang disini silahturrahmi :)

    pa kbr mba nina....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kok sama dengan saya mas reo, pa kabar juga mbak nina...?

      Hapus
    2. Bang Reo : Hehehe.. Alhamdulillah baik Bang ^^

      Mas Agus : Baik Mas Agus

      #Saya telat balasnya, maap Bang Reo sma Mas Agus :D hehe

      Hapus
  3. jadi inget jaman-jaman KKN dulu,,program itu gak penting,,yg pemting adalah bagamana kita bisa belajar bermasyarkat,,karna itulah urgensi KKN yg sebnarnya,,program itu urusan kita dengan akademik..
    sukses selalu kuliahnya ya mbak nina :))

    salam EPICENTRUM

    wait for visit :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi program juga bisa jadi jalan buat belajar bermasyarakat Mas Rizki :).. Intinya KKN itu menyenangkan, tapi tidak untuk diulang kembali :D hehe. .

      Hapus
  4. PD aja pasti bisa terlaksana sebagian besar dg hasil terbaik :)

    BalasHapus
  5. semoga lancar selalu ya Mbak KKN-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. KKN = Kemana Kemana Ngabring (baca: beraninya rame2)

      Hapus
  6. izin nyimak dan buka2 blognya...d tunggu kunjungan baliknya d

    http://jagadkawula.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. wah asik dong masih punya posko rumah permanen gituh...saya jaman dulu poskonya tenda yang dipasang disedikit tanah datar....makannya lebih banyak pake lauk burung hutan....asik dan keren kan?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang alhamdulillah saya dapat posko yang nyaman..

      Keren Kang KKN di alam bebas ^_^, tapi kalo saya mikir dua kali kalo harus KKN seperti Kang Cilembu. *Takut ga sanggup, Hehehe :D

      Hapus
  8. wow banyak bgt 20 :D

    semoga sukses deh ya,

    salam kenal :)

    BalasHapus
  9. mbak Nina apa kabar?
    semoga lancar yaa KKN nya...
    aku juga lagi KKN nih...

    KKN cinta.
    Hahahaha. . . . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik Mas Indra ^_^.. KKN sy sudah selesai Ko' :D..

      Ahahaha,, ciiee.. Sama siapa lagi kah itu Mas Indra? hihi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stop Mengeluh, Terlalu Banyak Hal Yang Bisa Disyukuri

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Datang 2013 * Telat Ohh -_-' . Semoga di tahun ini kita bisa lebih baik lagi (harus) ^^. Untuk 2012, selamat tinggal. Terima kasih untuk 'pelajaran' yang berharga yang diberikan kepada kami. Lewat kebahagian, kesedihan, kesenangan, kesendirian maupun kegalauan (hehe). Saya minta maaf pada Desember lalu tiba-tiba menghilang begitu saja dari dunia perbloggeran. Tidak membalas komentar teman-teman ataupun blogwalking ke blog teman-teman semua. Banyak hal yang terjadi di luar dugaan saya, dan hal-hal itu menjadi berentetan satu sama lain. Sehingga memaksa saya untuk tidak ngeblog dan membuat kalian semua menjadi rindu *Maksa :D, dilarang protes ya :P Saya bingung harus menuliskan apa lagi dalam postingan ini. Otak saya sepertinya agak sedikit 'kaku' karena lebih dari sebulan tak digunakan untuk menulis di blog pribadi saya, atau mungkin saya yang tidak punya cerita untuk dibagikan hari ini. Tugas dan Uas (lagi-lagi), menghabisk

Proker KKN-ku

Lanjutan... Tanggal 10 Juli 2013 , merupakan tanggal pertama di mulainya program kerja kami.. Sebelum masuk ke program kerja, saya ingin memperkenalkan dan memperlihatkan teman-teman posko  saya *para Rangers :D Ansar ' Teknik Arsitek 2009 (Koordinator Desa) Adin 'Manajemen 2010 (Koordinator Kecamatan) Uci 'Agribisnis 2010 (Sekretaris Posko)  Saya Sendiri :D' Akuntansi 2010 (Bendahara Posko) Amed' Peternakan 2009  Wayan' Fisip Antropologi 2010 Sudah perkenalannya kan? :D.. Lanjut program kerja.  Adapun program-program kerja yang kami punya, yaitu : 1. Baksos (Bakti Sosial) . Merupakan program kerja yang pertama kali dilaksanakan. Targetan dari baksos yaitu 3 kali, dan sasarannya Mesjid sama lapangan bola yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an. 2.  Pembenahan Inventaris Desa . Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja di bagian ekonomi. Pembenahan inventaris desa merupakan program

Postingan Singkat

Assalamualaikum Wr.Wb. Pertamanya saya mau mengoreksi postingan saya yang sebelumnya tentang sesuatu yang saya sebut banner, saya lupa kalau itu namanya Header (hahaha). Ga tau kenapa pikiran saya sebelumnya menyebut itu banner *lagi ga fokus sepertinya. Untung kakak saya mengoreksi saya dengan mengatakan kalau itu Header *meskipun ngasih taunya lambat. Jadinya saya keburu malu duluan (hihihi). Maap ya, namanya juga manusia ada salah sama khilapnya ^^. Oke Sekarang saya lagi duduk manis menyaksikan pertandingan Sepak Bola AFF antara Timnas Indonesia dengan Timnas Malaysia. Bersama dengan keluarga saya (komplit) ditemani dengan cemilan-cemilan, supaya lebih enak nontonya. :D Wuahh masih babak awal sudah begitu seruu.. Jadi saya ingin serius dalam menontonnya. Saya akhiri postingan saya kali ini.  Semangat untuk Timnas Indonesia, "Menangkan Indonesia Ya Allah " *Doa ala Baim cilik. Ayo Indonesia, Pasti Bisa !! Wassalamualaikum Wr.Wb