Awal KKN-ku

Posted by Nina Rizka Amalia Kamis, 26 September 2013 21 komentar
Lanjutan ...

Mulai sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibawa untuk menjalani hidup di kampung orang :D. Sibuk  nyiapin ini, itu, melihat daftar list barang-barang yang akan dibawa dan mencentang list barang yang sudah ada *Pokognya hari itu judulnya ribet

Malam terakhir di rumah, saya puas-puasin diri tidur di kasur sama mama :D *dua bulan dua bulan. 

Besoknya, tanggal 04 Juli 2013 pukul 21:00 merupakan jadwal keberangkatan Ampana (Kota, Tojo (sebagian), dan Tt).Kami berangkat menggunakan Bus. Keberangkatan menuju lokasi KKN tidak dilakukan serempak. Untuk daerah Luwuk sudah berangkat lebih dulu (jam 11 siang), pantai barat pada tanggal 6, sementara untuk lokasi yang lain saya tidak tau menau *nyengir

Banyak teman-teman (yang mendapatkan lokasi kkn di kampus) datang ke gedung rektorat (tempat di mana kami mulai start untuk pergi) untuk bertemu kami, mengucapkan salam perpisahan dan pelukan pepisahan.

Terdapat 5-6 bus yang akan mengantarkan mahasiswa KKN tujuan Ampana. Saya pun duduk manis dalam bus, di samping kartika. Keluarga saya (mama, papa, kk, tante, spupu) dan teman-teman saya berdiri di  samping bus ingin melihat kepergian kami. Suasana mulai terasa lain saat bus mulai dihidupkan dan dijalankan sepertinya ada yang panas akan keluar dari mata saya *saya menangis pemirsaaaa,  wajar kan? ahaha

Akhirnya tiba juga di Ampana Tete (pukul 13:00 05 Juli 2013) . Kami diturunkan di Kantor Camat Ampana Tete dan langsung disambut oleh kepala desa masing-masing *Di sinilah perpisahan saya dengan kartika.

Turun dari bus saya pun langsung bergabung dengan teman posko saya, Ketua RT 1 desa Tete A menjemput kami dan mengantarkan kami di Kantor desa Tete A (sebelum dibawa ke posko). Perkenalan sama aparat desa, memaksakan diri untuk tersenyum dan berbicara dengan mereka *padahal keadaan badan masih sangat capek, saya butuh mandi dan istirahat 

15 menitan di Kantor Desa, kami pun diantarkan ke posko kami. Posko kami merupakan rumah warga, rumahnya bagus, lumayan luas, dengan lantai tehel. Dua tempat yang saya pikirkan saat tiba di posko yaitu, kamar tidur sama kamar mandi. *Dua tempat itu yang benar-benar saya butuhkan saat itu,.

posko tete a
(Poskoku)


Karena melihat wajah-wajah kami yang sudah lesu dan kusam, akhirnya kami (para wanita) diantarkan ke kamar tidur *Horeee

Dimulailah kehidupan saya di tempat baru, lingkungan baru dengan orang-orang baru. Saya memulai hidup baru (untuk 2 bulan ke depan). Rumah yang menjadi posko kami dihuni oleh 7 orang yang terdiri dari bapak, ibu, ke 3 anaknya dan 2 keponakan. Ditambah kami 6 orang, jadi jumlah seluruhnya 13 orang. *Banyaknyo :O

Selama seminggu pertama yang kami lakukan adalah observasi, di mana observasi bertujuan untuk menemukan masalah-masalah yang ada di desa tersebut. Selama Observasi kami berjalan-jalan ke rumah warga dan ke sekolah-sekolah yang ada di sana. Berhubung desa Tete A berada di Kecamatan Ampana Tete sendiri dan jaraknya tidak begitu jauh dari perkotaan, maka masyarakatnya tergolong sudah modern.

Akhirnya selama seminggu observasi, kami menyusun program kerja yang nantinya akan kami jalankan/realisasikan di desa tersebut selama 2 bulan ke depan, yang terdiri dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan hidup, sosial budaya dan agama, teknologi tepat guna, dan olahraga.

Dari ke-7 bidang tersebut, terbentuklah 16 program kerja (weuh banyak). Tetapi 16 program kerja tersebut belumlah fix, karena kami harus mengadakan Lokdes (lokakarya desa) yang akan dihadiri oleh masyarakat desa tersebut. Tujuan lokdes yaitu untuk menyampaikan dan meminta saran serta persetujuan masyarakat atas program-program kerja yang telah kami susun. Saat lokdes, program kerja kami ada yang dirubah dan juga ditambahkan. 


(Lokakarya Desa)


Hasil Lokdes (09 Juli 2013) menyimpulkan, kami memiliki 21 program kerja untuk direalisasikan di desa tersebut. Haa 21? hampir gila pas dengarnya -__- *Ini namanya PR berat (sangat berat). 

Di saat posko-posko lain hanya memiliki program kerja yang berjumlah belasan saja, kami harus menyelesaikan 20 program kerja, mana di desa orang lagi *Tolong kami Tuhan (pasang ekspresi sedih)

#Bersambung (lagi) ...


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Awal KKN-ku
Ditulis oleh Nina Rizka Amalia
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ninarizka.blogspot.com/2013/09/awal-kkn-ku.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

21 komentar:

Budy Shinichi mengatakan...

saya juga nangis nih, mbak... nangis baca ada 21 program kerja. apa nggak puyeng tuh mikirin kapan selesainya? jangan-jangan bakalan tinggal menetap di desa itu hahaha

Pri Enamsatutujuh mengatakan...

Jgn2 itu memang "doanya" pnduduk situ, kn seneng ada cewek cantik2 di situ, wahahaha...

#kabur_duluan_ah,

Agus Setya mengatakan...

kalau puyeng mendingan di diskusikan dulu mas bud, siapa tahu nanti cinlok, hehehehe
bukan cilok lho ya

Reo Adam mengatakan...

KKN lagi....suer sayah mah gak ngerti :D
ah cuek aja....yg penting datang disini silahturrahmi :)

pa kbr mba nina....?

Rizki Pradana mengatakan...

jadi inget jaman-jaman KKN dulu,,program itu gak penting,,yg pemting adalah bagamana kita bisa belajar bermasyarkat,,karna itulah urgensi KKN yg sebnarnya,,program itu urusan kita dengan akademik..
sukses selalu kuliahnya ya mbak nina :))

salam EPICENTRUM

wait for visit :))

anotherorion mengatakan...

PD aja pasti bisa terlaksana sebagian besar dg hasil terbaik :)

agus bg mengatakan...

lha kok sama dengan saya mas reo, pa kabar juga mbak nina...?

zachflazz mengatakan...

semoga lancar selalu ya Mbak KKN-nya

Kang Zeer El-Watsi mengatakan...

izin nyimak dan buka2 blognya...d tunggu kunjungan baliknya d

http://jagadkawula.blogspot.com/

Cilembu thea mengatakan...

wah asik dong masih punya posko rumah permanen gituh...saya jaman dulu poskonya tenda yang dipasang disedikit tanah datar....makannya lebih banyak pake lauk burung hutan....asik dan keren kan?!

Cilembu thea mengatakan...

KKN = Kemana Kemana Ngabring (baca: beraninya rame2)

Ragwan Al-Aydrus mengatakan...

wow banyak bgt 20 :D

semoga sukses deh ya,

salam kenal :)

A. Y. Indrayana mengatakan...

mbak Nina apa kabar?
semoga lancar yaa KKN nya...
aku juga lagi KKN nih...

KKN cinta.
Hahahaha. . . . :D

nina rizka amalia mengatakan...

Mas Budy : Jangan nangis Mas, Hahaha.. Kknnya juga sudah selesai ko' dari September kemarin, dan semua program kerjanya alhamdulillah terlaksana

Mas Pri : Bisa jadi bisa jadi *Ehh :D

Mas Agus : Mending Cilok Mas, enak soalnya :D hehe

nina rizka amalia mengatakan...

Bang Reo : Hehehe.. Alhamdulillah baik Bang ^^

Mas Agus : Baik Mas Agus

#Saya telat balasnya, maap Bang Reo sma Mas Agus :D hehe

nina rizka amalia mengatakan...

Tapi program juga bisa jadi jalan buat belajar bermasyarakat Mas Rizki :).. Intinya KKN itu menyenangkan, tapi tidak untuk diulang kembali :D hehe. .

nina rizka amalia mengatakan...

Alhamdulillah KKN nya sudah selesai.. :)

nina rizka amalia mengatakan...

Oke makasih...

nina rizka amalia mengatakan...

Iya Kang alhamdulillah saya dapat posko yang nyaman..

Keren Kang KKN di alam bebas ^_^, tapi kalo saya mikir dua kali kalo harus KKN seperti Kang Cilembu. *Takut ga sanggup, Hehehe :D

nina rizka amalia mengatakan...

Hehehe.. Salam kenal balik ^^

nina rizka amalia mengatakan...

Alhamdulillah baik Mas Indra ^_^.. KKN sy sudah selesai Ko' :D..

Ahahaha,, ciiee.. Sama siapa lagi kah itu Mas Indra? hihi

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of 'Dunia Kecilku'.