Langsung ke konten utama

"2017"



Assalamu'alaikum Wr.Wb

2017 adalah awal baru saya jadi pengangguran. Di 2017 juga, saya dapat banyak pelajaran tentang sabar dan ikhlas. Mengikhlaskan rencana-rencana yang saya punya, karena Allah punya rencana lain yang saya percaya in syaa allah akan lebih baik dari rencana saya.

Awal 2017, di bulan Februari saya kembali melamar pekerjaan di sebuah PT yang sudah memiliki banyak gerai/toko di seluruh Indonesia. Tapi karena di kota saya baru saja buka, sehingga mereka membutuhkan karyawan dalam jumlah yang banyak.

Sebenarnya penerimaan besar-besaran sudah dilakukan dari tahun sebelumnya (2016). Namun waktu itu saya masih bekerja di NGO, jadinya saya ingin menyelesaikan terlebih dahulu tanggung jawab saya di NGO tersebut. Saya melamar untuk posisi finance/accounting. Setelah memasukkan lamaran, saya disms untuk ikut seleksi penerimaan pegawai. Selama satu hari itu saya mengikuti seleksi, dan gugur di tes ketiga. Tahap 1-3 adalah psikotes. Padahal tahap ke 4 adalah tahap terakhir, yaitu interview. Saya berpikir, ini bukan rezeki saya.

Selanjutnya saya ikut seleksi penerimaan pegawai BPJS TK. Namun gugur di tahap ke dua. Tahun kemarin saya juga sempat ikut tes BPJS, tapi yang kesehatan. Lolos sampai tahap ke tiga. Saya membuang kesempatan yang ada. Saya ga bisa ikut tes tahap ketiga, karena suatu alasan.

Di bulan Mei saya mengikuti penerimaan pegawai jalur staff BI (Bank Indonesia) untuk posisi pegawai pelaksana. Setelah mendaftarkan lamaran melalui online, saya dinyatakan lolos berkas dan boleh mengikuti tahapan tes selanjutnya. Tes tahap pertama dilakukan di salah satu gedung kampus saya, tesnya dari pagi sampai malam. Seumur hidup saya, baru sekali itu ngikutin tes tertulis yang jenisnya banyak, seperti :
a. Tes EPPS : Terdapat 200 soal, dan memilih jawaban yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing.
b. Tes Potensi Akademik : Terdiri dari tes bangun ruang, tes logika matematika, tes penarikan kesimpulan, tes matematika dasar, dan tes deret angka.
c. Warteg Tes, Gambar Pohon dan Gambar Manusia : Di tes warteg peserta diminta untuk melengkapi titik/gambar yang belum utuh, dan peserta diminta memilih mana gambar yang paling mudah, paling sulit, disukai dan tidak disukai. Setelah itu menggambar pohon yang berkambium, dilanjutkan dengan menggambar orang. Nah untuk gambar orang ini saya senyum-senyum sendiri, karena saya termasuk orang yang ga jago gambar. Jadi pas liat gambaran sendiri rasanya pengen ketawa. Saya gambar sosok perempuan menggunakan jilbab dan gamis, dengan tas tali panjang pada bahu sebelah kanan. Sebenarnya gambar orang tersebut adalah saya. Jadi pas diminta untuk menjelaskan tentang gambar tersebut, siapa orangnya dan kelebihan serta kelemahannya, yang saya tuliskan adalah tentang diri saya. Sebelum ikut tes ini, saya banyak berlatih menggambar (haha).
d. Tes Kebanksentralan : Berkaitan tentang materi perbankan, UU tentang BI, dan gambar uang baru. Info kesemua materi itu sebenarnya ada di web BI, yang penting kitanya ga malas baca aja.
e. Tes Pauli : Tes pauli juga dikenal dengan nama tes koran. Jadi di tes Pauli kita akan diberikan kertas lebar yang semua isinya adalah angka. Jadi peserta akan diminta untuk menjumlahkan angka dari atas ke bawah di setiap deretnya. Tujuan dari dilakukan tes ini, sebenarnya untuk mengetahui kemampuan bekerja (seperti daya tahan kita/tingkat stres, dsb). Ga tau cara lihatnya bagaimana, mungkin mereka liat dari jawaban penjumlahan yang salah (mungkin ya). Setelah habis ikut tes ini, kepala saya jadi pusing, tangan sama lengan pada pegal-pegal.
f. Comprehension Tes : Jenis tesnya essay, dan kita diminta menjawab cepat dengan jawaban yang tidak panjang tapi menyelesaikan masalah. Ada pertanyaan yang bunyinya gini : Mengapa orang yang tidak dapat mendengar, juga tidak dapat berbicara? Teman di samping saya menjawab "wallahu alam" , dan teman disebelahnya lagi ngejawab "takdir" .
g. Tes Bahasa Inggris : Ini jumlah soalnya ada 80. 40nya grammar&structure, 40nya lagi reading. Untuk grammar&structure saya agak kesulitan.
*Semua peserta yang pulang di tahap pertama ga ada yang rapi penampilannya 😂.

Akhir Mei 2017, tahap pertama pun diumumkan. Alhamdulillah saya lolos ke tahap 2 yaitu "wawancara psikologi(wanlog)". Saya pun mencari info seputaran wanlog, tentang apa saja yang sekiranya akan ditanyakan saat wanlog nantinya.


Bulan Juni, masuk tes tahap ke 2 yaitu wanlog. Saya dapat sesi ke dua di hari pertama. Saya diinterview seorang psikolog perempuan. Pertanyaannya seputar alasan melamar di BI, hubungan saya dengan teman kerja di pekerjaan sebelumnya apakah baik atau tidak, apakah saya suka marah-marah atau tidak saat teman-teman lambat menyerahkan laporan 😁, bagaimana saya menghadapi situasi yang tidak diiinginkan saat di tempat kerja, dan tentang karakter saya. Interviewnya sekitar setengah jam'an.

Pengumuman tes tahap ke dua mendekati lebaran idul fitri (kalau saya ga salah ingat), dan alhamdulillah saya lolos ke tahap berikutnya yaitu "tes kesehatan dan psikiatri". 

Tes kesehatan dan psikiatri diadakan seminggu setelah lebaran. Jadi saya benar-benar menjaga pola makan, ga berani makan macam-macam, minum soda juga tidak. Untungnya sudah dua tahunan saya tidak pernah lagi minum minuman bersoda, jadinya saya ga tergoda dengan banyaknya minuman yang berjejer di depan meja (apalagi saat pasiar) 😄. Jaga pola tidur sama olahraga juga (jalan pagi atau senam), sama banyakin minum air putih.

Untuk tes kesehatan ada beberapa jenis : tes fisik, tekanan darah, urin, rontgen, rekam jantung, tes ambeien. Sementara untuk tes psikiatri ada sekitar 500an lebih pernyataan dan kita diminta memilih yang sesuai dengan diri kita dalam waktu 1 jam setengah. Hasil pengumuman keluar agak lama, sekitar satu bulanan (bulan September), dan hasilnya saya tidak lolos ke tahap selanjutnya, tahap terakhir yaitu "interview user". Waktu itu pengumumannya malam, sekitar jam 10an. Pas liat hasil pengumuman saya langsung tidur, berharap saat bangun besok hasilnya bisa berubah *ngarep. 
Karena rasanya agak gimana setelah lewatin proses yang lumayan panjang, tapi ya "setidaknya diriku pernah berjuang" 😂 

Saya tidak mau memikirkan alasan kenapa saya tidak lolos ke tahap berikutnya, karena dari pihak BI juga tidak memberitahukan alasannya dan saya ga mau berandai andai. Saya hanya berpikir (lagi) bahwa BI bukan rejeki saya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proker KKN-ku

Lanjutan...
Tanggal 10 Juli 2013, merupakan tanggal pertama di mulainya program kerja kami.. Sebelum masuk ke program kerja, saya ingin memperkenalkan dan memperlihatkan teman-teman posko  saya *para Rangers :D
Ansar ' Teknik Arsitek 2009 (Koordinator Desa)
Adin 'Manajemen 2010 (Koordinator Kecamatan)
Uci 'Agribisnis 2010 (Sekretaris Posko)
 Saya Sendiri :D' Akuntansi 2010 (Bendahara Posko)
Amed' Peternakan 2009 

Wayan' Fisip Antropologi 2010
Sudah perkenalannya kan? :D.. Lanjut program kerja. Adapun program-program kerja yang kami punya, yaitu :
1.Baksos (Bakti Sosial).Merupakan program kerja yang pertama kali dilaksanakan. Targetan dari baksos yaitu 3 kali, dan sasarannya Mesjid sama lapangan bola yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an.



2. Pembenahan Inventaris Desa. Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja di bagian ekonomi. Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja yang di mana kami memperbaiki serta memperbaharui segala inventaris …

Anak Kecil Jaman Sekarang Vs Anak Kecil Jaman Saya Dulu ^^

Tadi siang saya sempat ngeliat acara John Pantau yang minta beberapa anak kecil untuk nyanyiin lagu anak-anak, dan ternyata jawaban anak-anak kecil tersebut sama sekali ga tau. Tapi saat ditanya lagu keong racun mereka malah hafal. * ehh -.-
Jadi, sekarang ini saya juga pengen ikutan membahas tentang anak-anak jaman sekarang dan ngebandingin dengan anak-anak jaman dulu (misalnya jaman saya). :D  Hehe
Perbedaan anak kecil jaman sekarang dengan jaman dulu (jaman saya), hehe :

1. Lagu

Apa saja judul lagu anak-anak kecil jaman sekarang?*Mikir panjang Sepertinya ga ada, atau ga terkenal. atau saya yang ga tau. Hmm Mungkin karena kurangnya lagu untuk anak-anak, anak-anak sekarang cenderung suka nyanyiin lagu-lagu remaja maupun orang dewasa, yang sebenarnya dari judulnya ga pantas untuk dinyanyiin anak kecil. Apalagi dengan keadaan yang sekarang, menjamurnya boy band dan girl band di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri kebanyakan fans dari boy dan girl band tersebut dari kalangan anak-anak, dari …

'Semester Pendek tak seperti namanya'

Rencananya bulan ini sebenarnya pengen buat tulisan yang lebih banyak dari bulan sebelumnya, ya minimal naik 1. Kalau bulan sebelumnya 6, berarti bulan ini harusnya 7. Tapi ternyata memang hanya jadi ‘rencana’, ga sampe dipelaksanaannya. :D
Faktornya dikarenakan kesempatan saya buat ‘nulis’ jadi jarang. Ehh ga juga sih, hampir tiap hari saya nulis kok. Tapi yang ditulis bukan bahan untuk blog saya, melainkan bahan untuk tugas kampus saya. Ya ya ya, di saat kebanyakan mahasiswa/i lagi menikmati liburannya di kampung halaman tercinta, saya harus mengikuti SP atau semester pendek yang diadakan hanya 1 bulan dalam setahun, diperuntukan untuk mahasiswa/i yang ingin memperbaiki nilainya yang ‘buruk rupa’ menjadi ‘cantik jelita’ ,,, dan salah satu mahasiswi tersebut adalah saya. :D
Saya memiliki 2 nilai 'buruk rupa' pada 2 mata kuliah di semester-semester sebelumnya, yaitu Pengantar Akuntansi 2 (PA2) dan Akuntansi Sektor Publik (ASP). Dan di smester pendek ini, saya berniat untuk membu…