Langsung ke konten utama

Kriteria Sifat Calon Suami (Menurut Buku)

Assalamualaikum Wr.Wb


Belum lama saya kembali membaca buku ke 2 karangan Burhan Sodiq yang berjudul " Ya Allah Aku Tak Ingin Sendiri". Saya sudah pernah membaca buku ini sebelumnya (waktu saya masih SMA). Buku ini telah lama diterbitkan, yah sekitar beberapa tahun yang lalu. Saya senang membaca, apapun bukunya kalau saya merasa tertarik pasti saya akan membacanya. Meskipin buku tersebut memiliki halaman yang lumayan tebal, tidak jadi masalah karena menyukainya

Waktu teman saya melihat sampul dari buku ini, dia tertawa kecil. Katanya tidak sanggup melihat tulisan yang ada di covernya.

sumber gambar (Klik)

Saya yakin orang-orang yang melihat saya membaca buku ini akan tersenyum bahkan tertawa (seperti teman saya). Karena saya memang tidak seharusnya membaca buku ini, karena umur saya yang masih 20 tahun. Sedangkan buku ini diperuntukkan bagi remaja dewasa yang berusia 30 tahun ke atas. Tetapi mau diapakan lagi, saya sudah terlanjur tertarik dengan judulnya. Menurut saya judul suatu buku bisa membuat seseorang tertarik untuk membacanya.

Ada satu bagian yang ingin saya bahas di sini mengenai isi buku tersebut. Di dalam buku " Ya Allah Aku Tak Ingin Sendiri " terdapat pembahasan mengenai kriteria-kriteria sifat calon suami yang direkomendasikan oleh penulis buku tersebut, yaitu sbb :

1. Sosok jujur dan terus terang
Dari awal  pembawaan hal ini harus dipastikan terlebih dahulu, apakah seseorang tersebut adalah sosok yang jujur dan mau berterus terang atau malah sebaliknya? Dibuku tersebut dikatakan bahwa jujur tidaknya seseorang bisa dinilai dari wajahnya. Tapi menurut saya, bagaimana dengan mereka yang pintar berakting ataupun berrsandiwara? Nah lho, pasti akan sulit mengetahui orang tersebut jujur ataupun tidak. Hihihi
Selain itu dari cara orang tersebut berkata-kata, bisa dilihat apakah orang tersebut jujur atau tidak.

Intinya dari awal kita harus peka dengan sifat ini, karena kejujuran seorang pria adalah hal yang sangat langka untuk saat ini *haha itu bukan kata saya lho, tapi kata-kata yang ada dalam buku tersebut. Saya hanya menyetujuinya saja :D 

2. Menghormati wanita
Di mata wanita yang sudah tidak ABG lagi (kalau saya sih masih ABG, haha) sosok pria yang  idela itu adalah pria yang memiliki sikap hormat, tidak merendahkan dan melecehkan meskipun dia lebih cerdas dan lebih memiliki kemuliaan yang lain.Sosok pria yang benar-benar tau memperlakukan seorang wanita. Menghormati secara proporsional dan tidak berlebihan. Pria yang menghormati ibunya bisa jadi juga menghormati wanita selain ibunya *Ini kata saya :D

3. Tegas 
Tegas bukan berarti keras. Karena ketegasan tidak perlu ditunjukkan dengan kekerasan. Pria yang tegas merupakan pria yang mampu mengambil keputusan, percaya diri dan konsisten dengan apa yang menjadi keputusannya, hal ini akan membuat wanita memlih pria tersebut untuk menjadikan suami yang mampu membuat keputusan dalam rumah tangga. Sebaliknya pria yang ragu dalam mengambil keputusan dan takut mengambil keputusan akan sulit untuk mengakomodir semua kepentingan dalam rumah tangganya.

4. Pria yang Tidak Gengsi untuk Meminta Maaf
Sosok pria memang dikenal sebagai sosok yang keras kepala dan tidak mau meminta maaf. Meski sudah jelas melakukan kesalahan, tidak banyak pria yang mengakui kesalahannya dan mengatakan "aku minta maaf, aku salah"

Saya juga heran dengan sifat pria yang satu ini, apa susahnya sih minta maaf kalau memang salah? Takut dibilaang lemah? Meminta maaf kan bukan berarti wujud dari suatu kelemahan, tetapi itu artinya anda (pria) berjiwa besar dan mengakui kalau telah berbuat salah. Atau karena gengsi buat minta maaf? ya elah udah tau salah, gengsi lagi. Singkirkan ego anda dan meminta maaflah, akui kalau anda memang salah.

Terkadang ada juga pria yang tak sadar kalau dirinya sudah berbuat salah -_-'. Saya doakan, semoga Allah menambahkan sifat kepekaan terhadap kalian (para pria) .

5. Cerdas, menguasai banyak hal
Tipikal orang yang cerdas dan menguasai banyak hal adalah tipe lelaki yang menyenangkan. Dia selalu nyambung bila diajak ngobrol meskipun berjam-jam. Sifat ini akan mengundang kekaguman para wanita. setiap kali ditanya dia akan selalu bisa menjawabnya. Meskipun tidak memiliki ketampanan luar biasa layaknya seperti aktor-aktor korea masa kini (hahaha), pria jenis ini memiliki banyak penggemar (setuju). Karena dengan kejeniusan yang dia miliki mampu menaklukkan hati para wanita (ulala).

Namun  bila ternyata tidak menguasai banyak hal, seorang pria juga cukup dikagumi bila dia ahli dalam suatu bidang tertentu. Kemahiran dan kecerdasannya akan dihargai oleh wanita.

6. Mampu beradaptasi
Kemampuan beradaptasi terhadap orag baru, keluarga baru dan lingkungan baru, juga menjadi nilai tambah bagi karakter seorang calon suami yang baik (ehem :P). Saat ijab qabul ditunaikan, suami akan ditinggal sendiri di rumah keluarga istrinya untuk beberapa saat. Bila tidak bisa membawa diri kemungkinan dia hanya akan duduk terdiam di sudut ruangan. Atau dia lebih memilih menyendiri d kamar tanpa pernah mau keluar. Sehingga sang istri harus ekstra keras membujuk suaminya untuk mau keluar sekedar berbincang-bincang dengan kerabat-kerabat yang lain.

Seorang lelaki yang baik harusnya memiliki kemampuan beradaptasi. Pintar membuka sebuah obrolan dengan siapa pun. Sehingga obrolannya tidak garing, tetapi selalu nyambung. Maka istilah "jaka sembung naik ojek, nggak nyambung jack" tidak perlu ada :D.

7. Tidak Minder
Pria yang matang secara mental dan kepribadian akan mudah terlihat seberapa pede dia dengan dirinya sendiri. Keyakinannya dalam mengambil sebuah keputusan dan tidak mudah berubah hanya karena omongan orang yang lewat juga menjadi tolak ukur seberapa matang kepribadian dia *matang, bukan mengkal ataupun busuk :D.

8. Berani
Pemberani bukanlah asal maju, asal berkelahi dan asal emosi. Namun pemberani yang dimaksud lebih kepada sikap positif yang didorong oleh mental yang kuat. Bila mendapatkan tekanan atau sesuatu yang menyudutkan dia mampu untuk melawan dengan kekuatan yang dimiliki. Berani menjadi diri sendiri dan selalu membela yang benar. Ketika dia memutuskan untuk melawan suatu kedzhaliman dia sudah mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Tidak hanya sekedar maju dan tanpa perhitungan.

9. Berjiwa Besar
Lelaki yang berjiwa besar merupakan sosok yang tidak mudah menyimpa dendam dalam hatinya. Lapang dada dalam menerima kekurangan pasangannya, dan selalu memaafkan bila memang dia dituntut untuk memaafkan orang lain.

Dia sadar bahwa setiap orang diciptakan  tidak dalam keadaan yang sempurna, namun setiap manusia memiliki kekurangan satu sama lain. Sehingga manakala dia menemukan beberapa kekurangan pasangannya, dia tidak akan menuntut lebih dan akan menerima apa adanya.


Itulah 9 kriteria sifat dari calon suami menurut penulis buku tersebut. Teman-tman ada yang punya keseluruhan kriteria tersebut? Hubungi saya *eh :D hahaha. Saya yakin tidak semua kriteria tersebut ada dalam diri seseorang. Paling tidak hanya satu atau beberapa kriteria. Tapi melakukan perubahan untuk menuju kriteria tersebut, menjadi pribadi yang lebih baik lagi apa salahnya? : )



Wa'alaikumsalam Wr.Wb

Komentar

  1. wah mnarik nih buku sob,apa boleh saya membacanya,he..he...sedangkan saya baru remaja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, ga papa kalau mau baca.. Tapi kalau untuk yang masih remaja ada versi pertama "ya Allah aku jatuh cinta".. ^^

      Hapus
  2. ehehehehe..sayangnya saya sudah punya calon yang sangat saya cintai...ekekeke

    -agak ada kriteria
    agak

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh sudah punya,*yahh.. Hahaha :D

      Ga papa agak, biar masih samar" yg penting ada :D

      Hapus
  3. Kayanya bukunya menarik deh, ga hanya utk yg udah dewasa (atau merasa dewasa) tapi buat ABG juga ga masalah. Tapi yang jelas sosok yg paling baik buat seorang wanita yg paling penting adalah : Laki-laki.. hwehehehe :P Btw, salam kenal ya Nina, boleh dong minta folbeknya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca ayu, kalau memang tertarik ^^..
      Hahaha, iya laki-laki yg sudah jadi suami (eaaa).. :P

      Udah difolbek ko say.. thanks follownya :)

      Hapus
    2. Hehe, sama2.. Waduh, laki2 yg uda jadi suami.. ribet ntar kaya aceng..wkwkwk :P

      Hapus
    3. Jangan yang seperti aceng dong Yu :D

      Hapus
  4. saya punya kak, tapi udah jadi suami saya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah, masih ada yg lainkah kk dini selain yang itu? haha :D

      Hapus
  5. waaaah dapet pelajaran nih dari sini, siap siap berkaca diri hehe.. apakah sudah pantas untuk seseorang nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, belajar jadi pribadi yang lebih baik bang.. Insya allah jodohnya baik juga ^^

      Hapus
  6. semoga cepet ketemu pria itu ya? :D

    BalasHapus
  7. keren banget isinya, meski nggak baca secara langsung.
    btw, gimana kabarnya kak? baik-baik sajakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cha :D
      alhamdulillah baik cha :), kamu gimana kabarnya?
      *saya suka timbul tenggelam di dunia perbloggeran -_-'.. Maaf sudah jarang main ke blog kamu..

      Hapus
  8. Wah hebat nih postingannya...puanjaanggg buanget. Mpe ngatuk nih bacanya. heuheuheu

    *** mana nih genk KPK, kita serbu Blog ini...xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Indah klo ngantuk tidur aja dulu.. habis itu baru lanjut baca lagi.. Hihihi :D

      anggota KPK yg lain lagi sibuk ngumumin Annas.U. jadi tersangka kasus Hambalang :D hehe

      Hapus
  9. Paham agama, itu yang terpenting

    BalasHapus
  10. Wah, banyak ya kreterianya..tapi pertanyaannya adalah ada nggak ya yang bisa lulus semua kualifikasi di atas? @.@

    aku juga masih remaja, masih nggak ya?? haha tapi aku juga sudah pingin tahu soal seperti ini...buat persiapan di hari kelak..hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ada Mbak ;)

      Hahaha,, ga papa ko mbak klo mau dibaca..
      Kudu prepare mmg dri skrg mbak, hehe

      Hapus
  11. penyempurna..jadi sepuluh mbak nin...
    dan ini juga termasuk penting loh..

    #nggak boros sama pandangan mata...
    baik mata pencarian atopun trik lirak lirik nya ke tetangga..haha
    #kiding



    BalasHapus
    Balasan
    1. sy setuju sama yang ke 10 *ga boleh boros sama pandangan mata :D haha

      Hapus
    2. boleh nambahin satu lagi kan?...tidak kalah penting dari 10 poin diatas
      11. harus kuat dan sehat mental rohani dan jasmani
      (jangan stres apa lagi loyo)....hmmm

      Hapus
  12. menurut istri dirumah(setelah baca ini lalu berdiskusi, lebay[dot]com) kesembilan poin itu ada dalam diri saya, cuman no 5 azh yang belum sempurna, kurang cerdas katanya...wahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, ga papa toh kang. Kan cuma 1 yg belum sempurna :D.. Ibarat nilai, 1 nya C 8 nya A. Sehingga nilai yang C itu ketutup sma A yang banyakk. Ipnya tetap tinggi ko Kang (hihi) *ini apaan ya :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada 'Kenangan' itu di Masa SMA Kita..

22 agustus, 2 bulan yang lalu adalah hari di mana aku bertemu denganmu lagi. Ya 'kau', kau yang pernah menjadi bagian termanis di masa SMA ku. Tak ada yang berubah dari dirimu, tingkahmu, suaramu, gaya bicaramu, dan senyummu masih sama seperti yang dulu.  Kembali mengingat 3 tahun yang lalu, bukan tapi 4 tahun yang lalu. Aku sudah menyukaimu sejak pertama melihatmu, mungkin itu yang dinamakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Melihatmu duduk di dalam sebuah ruang kelas, kelasmu yang juga menjadi kelasku. Kita sekelas, di kelas 11 Ipa itu. Ada yang menarik dari dirimu, senyummu (itu hal pertama yang membuatku tertarik padamu). Setelah itu Aku lebih tertarik pada kepribadianmu. Ku suka dengan kepribadianmu, kau yang tak merokok, yang terlihat rapi dengan seragam sekolah, yang terlihat tenang, yang senang mencatat, dan banyak hal tentangmu yang kusuka. Aku menyukaimu, rasa suka itu kemudian terus berkembang. Sehingga tidak hanya sekedar menyukaimu, tapi mencintaimu.

Stop Mengeluh, Terlalu Banyak Hal Yang Bisa Disyukuri

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Datang 2013 * Telat Ohh -_-' . Semoga di tahun ini kita bisa lebih baik lagi (harus) ^^. Untuk 2012, selamat tinggal. Terima kasih untuk 'pelajaran' yang berharga yang diberikan kepada kami. Lewat kebahagian, kesedihan, kesenangan, kesendirian maupun kegalauan (hehe). Saya minta maaf pada Desember lalu tiba-tiba menghilang begitu saja dari dunia perbloggeran. Tidak membalas komentar teman-teman ataupun blogwalking ke blog teman-teman semua. Banyak hal yang terjadi di luar dugaan saya, dan hal-hal itu menjadi berentetan satu sama lain. Sehingga memaksa saya untuk tidak ngeblog dan membuat kalian semua menjadi rindu *Maksa :D, dilarang protes ya :P Saya bingung harus menuliskan apa lagi dalam postingan ini. Otak saya sepertinya agak sedikit 'kaku' karena lebih dari sebulan tak digunakan untuk menulis di blog pribadi saya, atau mungkin saya yang tidak punya cerita untuk dibagikan hari ini. Tugas dan Uas (lagi-lagi), menghabisk

Proker KKN-ku

Lanjutan... Tanggal 10 Juli 2013 , merupakan tanggal pertama di mulainya program kerja kami.. Sebelum masuk ke program kerja, saya ingin memperkenalkan dan memperlihatkan teman-teman posko  saya *para Rangers :D Ansar ' Teknik Arsitek 2009 (Koordinator Desa) Adin 'Manajemen 2010 (Koordinator Kecamatan) Uci 'Agribisnis 2010 (Sekretaris Posko)  Saya Sendiri :D' Akuntansi 2010 (Bendahara Posko) Amed' Peternakan 2009  Wayan' Fisip Antropologi 2010 Sudah perkenalannya kan? :D.. Lanjut program kerja.  Adapun program-program kerja yang kami punya, yaitu : 1. Baksos (Bakti Sosial) . Merupakan program kerja yang pertama kali dilaksanakan. Targetan dari baksos yaitu 3 kali, dan sasarannya Mesjid sama lapangan bola yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an. 2.  Pembenahan Inventaris Desa . Pembenahan inventaris desa merupakan program kerja di bagian ekonomi. Pembenahan inventaris desa merupakan program