Sabtu, 04 Agustus 2012

Ingin Cantik? Ayo Pakai Kosmetik Wardah Yang Sudah Terbukti Halal & Berkualitas !!

Assalamualaikum sahabat Blog, kali ini aku akan menceritakan pengalamanku sampai aku bisa mengenal dan 'menaruh hati' pada kosmetik Wardah. Disimak ya sahabat blog  ^^.


Waktu jaman sekolahan, aku paling cuek yang namanya merawat wajah. Sama sekali tidak pernah menggunakan yang namanya kosmetik untuk perawatan dan kecantikan wajah. Paling kalau mau ke mana-mana pakainya hanya bedak, itupun bedak bayi. Selain itu kalau membersihkan wajah, hanya dengan air biasa tanpa menggunakan sabun wajah. Hal itu aku  lakukan sampai dengan aku lulus SMA.


Menginjak perkuliahan, aku mulai sedikit memberikan perhatian terhadap wajahku. Alasan aku mulai memperhatikan wajahku, dikarenakan kulit wajahku yang suka kering dan kusam disebabkan aku yang biasanya seharian berada di kampus dengan keadaan kampusku yang gersang dan panas matahari yang tak bersahabat. Aku mulai membeli pembersih wajah salah satu merek ternama. Aku membelinya dikarenakan ‘tergoda iklan’ yang ditayangkan televisi.

Awalnya bagus memakai produk tersebut, rasanya segar di wajah dan membuat wajah lebih berseri. Tapi ketika aku sempat berhenti memakainya walaupun hanya beberapa hari, kulit wajahku menjadi lebih kusam dan lebih gelap dari sebelumnya. Hei Apa yang terjadi dengan wajahku? Mengapa malah seperti ini? Ternyata produk ini membuat pemakainya menjadi ‘ketergantungan’. Karena tak mau menjadi ketergantungan 'seperti itu', akupun menghentikan menggunakannya.


Aku mencari alternative lain untuk mengatasi kusam di wajahku, akupun membeli krim pelembab wajah yang direkomendasikan oleh kakakku. Tapi hanya beberapa jam setelah pemakaian, wajahku kembali kusam. Selain itu setelah beberapa kali pemakaian, jerawat di wajahku mulai bermunculan. Aku pikir hal itu dikarenakan aku yang lagi kedatangan ‘tamu bulanan’. Karena setiap datang tamu bulanan, di wajahku juga akan kedatangan jerawat, dan jerawat tersebut akan hilang bersamaan dengan perginya tamu bulanan tersebut. Tapi yang terjadi saat itu, ketika tamu bulanan tersebut pergi, jerawat di wajahku malah tidak ikut menghilang. L

Aku menunggu sampai 2 minggu. Ternyata jerawatku belum hilang juga, malah makin bertambah. Jujur, aku tak suka melihat wajahku yang berjerawat ini. Rasanya ada yang mengganjal ketika aku memegang wajahku sendiri, huaa wajahku tak semulus dulu. L
Belum lagi adanya ledekan dari teman-temanku :
“Aii Nina sudah mulai jerawatan, banyak lagi jerawatnya. Puber ya? (kata salah seorang temanku sambil tertawa sumringah)”,
Aku menanggapinya dengan tersenyum, padahal sebenarnya dalam hati rasanya ingin menangis :'(


Akupun kembali mencari cara untuk menghilangkan jerawat di wajahku. Mulai memanfaatkan internet, mencari referensi mengenai kosmetik wajah seperti apa yang cocok untukku. Akupun kaget menemukan ternyata banyak kosmetik, mulai dari pembersih wajah dan perawatan wajah sampai pada perawatan tubuh lainnya yang di dalam produknya mengandung bahan haram untuk digunakan, misalnya mengandung minyak babi, placenta, cairan amnion (berasal dari manusia) ataupun bahan haram lainnya. Mungkin kebanyakan perempuan lainnya sudah mengetahuinya, tetapi aku yang belum lama melakukan perawatan wajah menjadi ngeri sendiri.


Aku harus menjadi ‘pintar’ memilih kosmetik yang cocok untukku, pastinya yang halal (tidak mengandung bahan-bahan haram) dan tidak berbahaya untuk tubuh apalagi bagian wajah. Karena sebagai seorang muslimah apabila menggunakan  kosmetik yang mengandung bahan-bahan haram di dalamnya, akan mempengaruhi dalam beribadah. Misalnya ketika sholat, sebelum sholat kita diwajibkan untuk mengambil air wudhu. Air wudhu tidak akan meresap ke dalam wajah kita, disebabkan terhalang oleh bahan haram yang telah meresap di dalam wajah kita. Sehingga ibadah sholat yang kita lakukan menjadi tidak diterima oleh Allah Swt. Terdapa ayat-ayat yang menjelaskan bahwa kita diharuskan mengonsumsi atau menggunakan sesuatu yang bersifat halal dan  larangan untuk menggunakan/mengonsumsi sesuatu yang sifatnya haram, yaitu dalam surah Al-Baqarah : 172, Al-Baqarah : 173, Al-Maidah : 3, Al- an'am 165, hadits Nabi dan masih banyak lagi. Salah satu ayat tersebut berbunyi :
        إنَّ الله أنْزَلَ الدَّاءَ وَالدَّوَاءَ وَجَعَلَ لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ فَتَدَاوَوا وَلا تَدَاوَو بِحَرَامٍ

(Abu Dawud, tt.4:3)

“Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit dan obat, serta menjadikan obat bagi setiap penyakit; oleh karena itu, berobatlah dan janganlah berobat dengan benda yang haram.” 
(Komisi Fatwa, 2000:1)

Dari ayat tersebut sangat jelas dikatakan bahwa kita (umat islam) dilarang menggunakan/mengonsumsi apa saja yang sifatnya adalah haram. Sebisa mungkin kita menggunakan/mengonsumsi yang halal, baik itu makanan, minuman,  kosmetik, obat-obatan, dll.

Ketika mencari jenis kosmetik halal, aku menemukan nama Wardah sebagai salah satu jenis kosmetik halal. Wardah memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI. LPPOM merupakan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika yang didirikan oleh Majelis Ulama Indonesia. Menjadi lembaga sertifikasi halal terpercaya di Indonesia dan Dunia yang bertujuan untuk memberikan ketentraman bagi umat Islam dan menjadi pusat halal dunia yang memberikan informasi, solusi, dan standar halal yang diakui secara nasional dan internasional.

Aku pernah melihat iklan Produk Wardah di televisi, yang dibintangi oleh artis berjilbab ‘Ineke Koesherawati’. Aku pikir Wardah hanya menyediakan kosmetik  seperti bedak, lipstick, foundation, juga blush on, ternyata Wardah memiliki jenis produk yang jumlahnya lumayan banyak, seperti handbody, day cream, night cream, sampo, lulur, face toner dan lain-lain, termasuk perawatan untuk wajah yang berjerawat. Sepertinya aku harus mencoba untuk menggunakan produk Wardah, mungkin saja produk ini cocok untuk mengatasi masalah jerawat dan kulit kusam di wajahku. Akupun mulai mencari informasi di website Wardah mengenai produk Wardah yang baik digunakan untuk wajah yang berjerawat, yaitu : Acne perfecting mousturizer gel, acne treatment gel, acne cleansing gel, acne face powder, acne gentle scrub, dan pore tightening toner. Tapi untuk saat ini, aku hanya menggunakan 2 produk wardah, yaitu :
  1.  Acne Perfecting Mousturizer Gel, yang berfungsi sebagai pelembab untuk kulit berjerawat. Mengandung SPF 18, moisturizer (Aloe Vera, Pro Vitamin B5) dan oil control (Zinc Gluconate). Berbentuk gel, mudah meresap, tidak berminyak dan membuat kulit nampak lebih segar. Digunakan pada pagi/siang hari sebelum beraktivitas, pengganti sunscreen pada wajah yang telah dibersihkan. Gunakan bedak tabur setelahnya.
  2. Acne Treatment Gel, yang berfungsi mempercepat penyembuhan jerawat. Bentuknya gel, lembut, ringan dan terasa dingin.Mudah meresap dan bekerja langsung pada titik jerawat, mengurangi peradangan. Mengandung anti bakteri (triclosan), anti irritant (Beta Glucan), dan Keratolitik (Asam Salicylate). Digunakan hanya pada titik yang berjerawat yang telah dibersihkan sebelumnya.


Atas informasi yang aku dapatkan dari Internet, akupun membeli kedua produk Wardah tersebut di Supermarket dekat rumahku. Pemakaian pertama Acne Perfecting Mousturizer, aku benar-benar dibuat senang. Rasa lembab di wajahku mampu bertahan sampai seharian walaupun aku lagi di kampus dengan panas matahari yang tak bersahabat. Selain itu, meskipun wajahku telah dibasuh air, lembab di wajahku tetap ada. Sampai-sampai aku bilang pada sahabatku :
"Ika coba kamu pegang wajahku, masih lembab toh?" (kataku sambil senyum senang)
" iya Nin, wajahmu tidak kering seperti biasanya, hehe . Udah ganti pelembab lain ya? produk apa?" Tanya Ika
" Hehe Iya ka. Pelembab yang kemarin lembabnya ga tahan lama, selain itu bikin wajahku jadi kayag gini (sambil nunjuk jerawat-jerawat di wajahku). Aku pakai pelembab Wardah. Produk ini sepertinya beda ka, I think' saya jatuh cinta pada produk ini " Kataku pada sahabatku

Untuk pemakaian pertama Acne treatment gel sebagai kosmetik yang mempercepat penyembuhan jerawat, memang belum memberikan dampak yang begitu besar pada wajahku. Aku merasa hal itu adalah wajar, karena sehebat apapun suatu produk tidak mungkin bisa menghilangkan jerawat hanya dalam sekali pemakaian.  Aku membaca mention dari para pengguna produk Acne Treatment gel dan produk Acne lainnya di twitter Wardah yang mengatakan bahwa mereka banyak yang berhasil menghilangkan jerawat di wajahnya, aku pikir itu semua dapat terjadi karena produk Wardah mengandung bahan-bahan halal. Sehingga aku semakin yakin akan tetap untuk menggunakannya. Aku berharap di hari Kemenangan nanti, wajahku bisa kembali mulus seperti kulit wajah seorang bayi, bebas dari yang namanya jerawat' . Hehe Amin ya Rabb

Akupun sekarang menyadari, bahwa merawat wajah merupakan hal yang penting. Karena hal itu merupakan bentuk kesyukuran kita terhadap pemberian Allah Swt, tanpa merubah bentuk dengan jalan operasi atau jalan lain yang dilarang Allah. Selain itu merawat wajah merupakan bagian dari kebersihan, keindahan serta kecantikan, dan juga dalam sebuah hadits dikatakan bahwa Allah menyukai kecantikan, hadits tersebut berbunyi : "Sesungguhnya Allah Swt itu indah dan mencintai yang indah, murah hati dan menyukai kemurah hatian, menyukai akhlak yang luhur dan membenci akhlak yang rendah" (H.R. Al - Baihaqi).


Sehingga   cantik itu perlu guys. Bukan berarti, kita menjadi berdandan yang berlebih-lebihan, sebab Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebihan. Tapi cantik yang saya maksud di sini bagaimana kita bisa menghargai pemberian Allah dengan cara merawat, membersihkan dan terus menjaga apa yang ada di diri kita. Untuk memperoleh cantik itu kita wajib menggunakan kosmetik yang sudah pasti bersertifikasi halal, seperti  kosmetik Wardah. Selain cantik secara fisik, yang lebih utamanya kita harus cantik dalam akhlak dan kepribadian. Karena percuma apabila hanya cantik dalam fisik, sebab suatu saat fisik bisa menjadi tua. Sedangkan akhlak dan kepribadian yang cantik akan tetap selalu ada pada diri kita, walaupun telah menginjak usia tua.
Itulah tadi pengalamanku dalam mengenal sampai akhirnya aku 'menaruh hati' pada kosmetik Wardah, akupun berinisiatif menggunakan produk-produk Wardah lainnya. So, buat teman-teman blog yang masih single ataupun sudah menjadi seorang Ibu (hehe), beralihlah menggunakan  kosmetik Wardah yang sudah terbukti halal serta berkualitas.


Makasih ya buat teman-teman blog yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca postinganku ini. Semoga dapat bermanfaat untuk ku dan juga kalian. Eitss jangan lupa, beralih ke  kosmetik Wardah ya ^_^. Sekian & terimakasih. Wa'alaikumslam Wr.Wb




"  Halal is my life, Wardah is my choice"




32 komentar:

  1. wuah, jadi penasaran nih sama wardah...:)

    salam kenal mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo Mbak segera pakai Wardah... Apalagi produknya udah terbukti halal loh.^^
      Jerawat saya sekarang udah mulai berkurang (y)

      Salam kenal balik mbak :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  2. bisa untuk pria nggak Neng ???wkwkwkkwkw
    duh , si Neng terlihat cantik ...jadi gemeteran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaum pria boleh kok, beli tapi yang pakai biarkan kaum wanita saja. hehehe...

      Hapus
    2. Benar tuh kata si Abi,, kamu beli produknya bek trus kasiin deh ke perempuan-perempuan yang ada di sekitar kamu :D

      Salam kenal Abi..

      Hapus
  3. cemungutt eaaphh..

    semoga menang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okkay :D

      Aminn Ya Rabb..

      Salam kenal ya .

      Hapus
  4. belum pernah pake wardah ni.. jd pengen coba..

    goodluck ya mbak, semoga menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mbak dicoba
      Saya sekarang juga lagi nyoba make produk wardah yang lainnya.

      produk Wardah punya banyak pilihan..Mulai dari kosmetik/perawatan wajah sampai perawatan utk tubuh tersedia.. ^^

      Aminn.. makasih utk doanya mbak ;)

      Hapus
  5. Wah dari penerawangan saya ini postingan menang nih. hehehehe. Semoga menang ya. Awesome posting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn.. Semoga penerawangannya mas Asep benar, hehehe :D

      makasih mas.

      Hapus
  6. Waaaah...
    cantik sekali Nina pake kosmetik inih :)

    Semoga sukses ngontesnya dan berhasil memboyong gadget keren yah neng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapat pujian dari mbak titi ,,makasih ya mbak :D hehe

      Aminn,, ^^

      Hapus
  7. Sip! aku juga pake wardah :D
    Cocok di kulit dan tidak ada efek samping.
    YAng pasti, ibadah jadi lebih tenang :)

    BalasHapus
  8. wah..dah duluan aja ikut ngontes ne..pngen ikutan jg ne,tpi tulisannya belum kelar2 jga..
    sukses j ngontesnya,yaa..

    BalasHapus
  9. Wardah itu siapa yah? jadi penasaran sama si Wardah.. #ehh *digebukin org sekampung*

    BalasHapus
  10. @Anita : Iyya nit,, setuju sm kamu ^^

    @Yourha :Aminn.. Hehehe,, ayo rha tulisannya dikelarin ^^.. Masih ada 11 hari lagi sampai batas penutupannya.

    @Budiman : wuahaha,, bukan cuma digebukin orang sekampung,, tapi sekota :D

    BalasHapus
  11. aku gak pake wardah,,,karea naku cowok, kak,,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain kamu juga make* Ehh :D hehe

      Salam kenal ya de ^^

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  13. mbak kalau foundation yang cocok untuk wajah yang berjerawat ap mbak...salam kenal

    BalasHapus
  14. harga nya berapa itu mbak?

    BalasHapus
  15. Sist mau nanya nih,, sebelum memakai 2 rangkaian produk wardah tsb, membersihkannya menggunakan apa?? Air saja, atau dengan yg lain gitu, mohon di jelas kan, karna di atas gag ada penjelasannya :)

    BalasHapus
  16. Jadi pengen nyoba nih ...
    Kira" bisa ga ya,jerwat ku hilang,, soalnya udah nyoba berbagai macam produk tpi hsilnya justru makin Parah :(

    BalasHapus
  17. wardah bisa ngilangin bekas jerawat juga nga????

    BalasHapus
  18. Wahh ternyata nulis 'wardah' cuma buat menang kontes aja. good luck dah

    BalasHapus
  19. pakai acne treatment gel di tumpuk sama acne moisturzing gel gpp toh ?

    BalasHapus